Annisa Anindita Zein

Annisa Anindita nama di akte, yang akhirnya muncul kata “Zein” sebagai bagian dari sapaan karena terlalu banyak yang bernama Annisa di SMPIT Nurul Fikri, Depok. Setelah lepas dari SMPIT, wanita yang mengaku ngefans dengan Dian Sastro, Jung Ryeo Won, dan Yoshitaka Yuriko menghabiskan masa SMA di SMAN 39 Jakarta, Jakarta Timur.

Disana, wanita bertubuh tinggi dan lebar ke samping ini merasakan pertama kali izin dispensasi dan bandel berada di ruang OSIS selama proses Upacara Bendera semata-mata karena iseng ingin merasakan “masa-masa SMA”.

Setelah berkali-kali mencoba berbagai ujian tes masuk perguruan tinggi, akhirnya wanita kelahiran Februari ini mendapatkan tempat duduk resmi lewat USM ke II di Sekolah Bisnis Manajemen ITB pada tahun 2008. Saat itu, dia yang selalu memakai jilbab Rabbani memutuskan dengan ambisius bahwa dia akan sebisa mungkin mengikuti seluruh kepanitian di ITB. Untuk satu tujuan: agar jurusannya tidak dianggap eksklusif.

Memasuki tahun ketiga, yaitu tahun terakhir di SBM ITB, wanita yang menghabiskan 1.5 tahun pertama kuliah dengan menggunakan sepatu tenis ini mencoba berbagai kesempatan untuk bisa merasakan luar negeri. Akhirnya pada cobaan yang x kali, dia berhasil mendapatkan tempat di KUSEP Kanazawa University Student Exchange Program. Sungguh Allah Maha Baik. Berangkat dengan beasiswa JASSO, Dita adalah mahasiswa SBM kedua setelah Alida yang pernah mengikuti program Exchange di support oleh beasiswa JASSO (Kalau misalnya data ini ternyata salah, mohon segera di komen dibawah ya).

Perjalanan di KUSEP adalah salah satu pengalaman hidup yang mengkayakan fikiran, jiwa, dan juga badan. Tak habis pikir gadis ini kenapa badannya tidak kunjung kurus juga di Jepang (menatap pilu mochi dan minuman manis). Di Kanazawa itulah, Dita merasakan jatuh cinta kepada Jepang pertama kali.

Setelah pulang dari KUSEP, anak kedua dari 3 bersaudara ini mencoba untuk balik lagi ke Jepang melalui Program Monbusho-Titech (Yang mana tiba2 Monbusho nya dibatalkan dan akhirnya bertemu dengan LPDP lalu lanjut berangkat sebagai Batch No 2 tahun 2013). Sambil menunggu masa-masa mencari S2, akhirnya Dita menghabiskan 9 bulan sebagai anak magang di MEDCO Oil & Gas. Disana dia pertama kali merasakan dunia korporat, dia belajar banyak (bahwa nampaknya dia tidak cocok kerja di korporat wakakka jauh bokk).

2013 Singkat cerita, Dita pergi ke Jepang lagi dengan beasiswa LPDP, Alhamdulillah. Saat itu Dita tidak menyangka bahwa perjalanan kedua di Jepang adalah pengalaman yang penuh rasa. Pahit, pedas, dan manis. 2015 lulus dengan susah payah derai air mata dewasa dan bayi (karena sempet2nya ngelahirin anak). Lulus dari Tokyo Tech dan lulus dengan jiwa raga utuh dari Egawa Lab.

2015-2016 berusaha mencari LoA dari berbagai Universitas. Sempat mencoba ke Tsukuba, Tokyo University, Erasmus Rotterdam & Queensland. Alhamdulillah berhasil mendapatkan LoA dari kampus yang disebut terakhir. Namun, setelah melalui banyak pemikiran yang dalam dan panjang, sepanjang jeda dialog antara tokoh di drama Jepang, wanita yang sempat naik berat badannya sebanyak 18 kilo selama hamil ini memutuskan untuk tetap berada di rumah mengurus suami dan anak.

Plus. ya, ada plusnya. Plus membuat sebuah online shop hijab untuk para muslimah di Jepang dan di Indonesia di @pasarditakyoko. Untuk mereka yang tahu betapa tidak stylish nya Dita dahulu (sekarang pun juga, tapi dulu sangatlah parah) pasti akan tertawa ngakak mengetahui si perempuan ini akhirnya membuka bisnis yang berhubungan dengan modest fashion. Ya ga apa yang penting halal.

Saat ini menetap di Nagoya, Tenpaku-ku, menemani suami, Muhammad Haris (Fasilkom UI 2005, Tsukuba University) sampai dengan 2019 untuk menjalankan tugas sebagai mahasiswa post-doctoral di Toyota Institute of Technology.

Sampai dengan 2017 ini dan seterusnya, wanita yang saat ini menyukai merek Samansa Mos2 dan StudioClip ini sedang sangat menikmati masa-masa bersama sahabat baik berumur 2.5 tahun yang juga putrinya, Shofiyyah Kyoko Putri Haris.

DSC01727

 

広告

Annisa Anindita Zein」への15件のフィードバック

  1. Halo Anin,Tulisan Anda bagus sekali. Mahasiswa ITB juga kan ? Wah 🙂

    Jika berkenan meluangkan waktu dan pengalamannya, mohon bisa dibagi di web user generated http://www.masukitb.com.

    masukitb adalah tampilan kehidupan Kampus Ganesha ITB, wadah bertanya, berdiskusi, dan berinteraksi, antara para mahasiswa atau alumni ITB, dengan para pelajar yang berminat menjadi bagian dari komunitas ITB.

    Kami berharap, Anda mau berbagi dengan pelajar dari seluruh Indonesia, yang berminat masuk ITB.

    Terima kasih 🙂

    • Hai! panggil aja dita :), tulisan saya masih jauh dari bagus, dan blog ini bahasanya tidak seserius anak itb lain:p, maaf yaa
      oke, insya Allah, kapan deadlinenya? jenis tulisan seperti apa yang harus saya tampilkan?
      salam kenal ya! semoga semakin menginspirasi banyak orang 🙂

  2. apa aja dit, biar anak SMA pada lebih tahu kayak apa sih ITB itu, kan banyak tuh anak SMA yang penasaran ITB dari sudut mahasiswanya… 🙂

    • oke, gw akan berusaha untuk buat dengan bahasa gw yang tidak formal dan gw akan bercerita tentang SBM yak, tapi tetap dengan membawa ke”itb”an 🙂

  3. Halo Ka Dita, pas banget nemu blog ini.. Aku juga anak SBM angkatan 2013 hehe, salam kenal.. Kebetulan pengen ambil s2 lewat program LPDP ke Jepang, tp belum trlalu punya banyak info dllnya.. Boleh minta Line/email kak? buat berbagi infonya buat lolos magister di Jepang.. Makasih ta Kakk 😀

  4. Halo kak! saya udah baca hampir sampe bawah2 gitu postingannya:D Kalo ada waktu update lagi ya kak, saya suka banget cara nulis kakak. Post kakak buat saya makin semangat gapai cita-cita saya walaupun saya baru kelas 3 SMP.
    Terima kasih! 🙂

    • Halo! Maafkann aku teh lagi ga ON sama blog, cuma cuma lagi mau nulis lagi. Terimakasih banyak ya sudah mampirrr, semangat teruss!! salam kenall ❤ ❤

  5. Hi kak Anin, assalammualaikum 😀 Aku Yani 🙂
    Terimakasih banyak share-nya kakak lewat tulisan-tulisan ini.. semoga jadi amal jariyah.
    Salam dari Padang, juga dari uniiyaniinblog.wordpress.com 😉

    • Haloo Waalaikumsalam wr wb. Sori banget nih diriku baru balas yaa, iyaa. semoga bisa saling memberi semangat lewat tulisan ya :), semoga hari2 mu juga lancar dan penuh berkah ❤

  6. Assalamualaikum, selamat siang mbak

    Apakah boleh minta kontak nya jika berkenan, ada yang ingin saya tanya dan diskusikan.

コメントを残す

以下に詳細を記入するか、アイコンをクリックしてログインしてください。

WordPress.com ロゴ

WordPress.com アカウントを使ってコメントしています。 ログアウト / 変更 )

Twitter 画像

Twitter アカウントを使ってコメントしています。 ログアウト / 変更 )

Facebook の写真

Facebook アカウントを使ってコメントしています。 ログアウト / 変更 )

Google+ フォト

Google+ アカウントを使ってコメントしています。 ログアウト / 変更 )

%s と連携中