Menelusuri Toko Roti & Kue di Tsukuba パンの街! (Ayo cari makanan yang Halal! (Part 1-Toko Roti)

Assalamualaikum teman2, berhubung banyak rekues (sok2an wkwk) untuk ngebahas toko-toko roti yang aman dimakan di Tsukuba. Maka insya Allah pada laporan ini Ibu Kyoko akan memaparkan sedikit pengetahuan tentang Toko Roti dan Kue yang pernah disambangi dan menjelaskan apa saja yang aman dan yang harus dihindari.

Peraturan umum mencari roti dan kue di Jepang adalah sederhananya:

  • Jangan pernah takut bertanya, karena orang Jepang itu sangat menghormati konsumen dan tau bahwa kita berhak di edukasi sepenuhnya tentang barang yang akan dibeli (Hal ini tidak berlaku untuk industri telekomunikasi yang banyak tipu2 iklan -__-)
  • Pengusaha makanan Jepang peduli terhadap informasi allergent. Sehingga mereka berusaha memberitau produk mana yang ada campuran allergent seperti kacang, babi, ayam, gandum, dst. Sehingga kita bisa tau yang mana yang secara jelas tercampur dengan daging atau tidak.
  • Meskipun mereka mencantumkan campuran allergent pada produk-produknya, tetapi ingat bahwa ラード LARD atau lemak babi atau アルコール atau Alkohol tidak masuk dalam jenis allergent, sehingga harus ditanyakan terpisah. Untuk Lard, lemak babi bisa saja dioleskan di Loyang bukan hanya di roti nya.
  • Roti homemade skala kecil cendrung jauh lebih aman dari roti chain store. Karena mereka tidak menggunakan shortening ataupun emulsifier (pengecualian Toko Roti Morgen, mereka meskipun toko kecil tetapi tetap menggunakan shortening tumbuhan- jadi tetap aman ya karena dari tumbuhan).
  • Sampai saat ini, yang saya pelajari dari semua toko roti yang saya sambangi adalah bahwa Roti yang mengandung buah itu selalu sebelumnya si buah tersebut direndam ke dalam alcohol, brandy atau wine. Termasuk Raisin. Jadi hindari roti yang mengandung buah-buahan. Kecuali ubi ya, lagian ubi umbi kali bukan buah ye.
  • Untuk Kue, lebih simple. Cukup tanyakan ゼラチン(Gelatin), Lard dan Alkohol. Hampir banyak toko kue menaruh alcohol dan gelatin pada kue nya, sehingga harus diwaspadai ya.

Insya Allah peraturan umum di atas tersebut tidaklah rumit., Justru sangat mudah mencari roti dan kue yang aman dimakan di Jepang jika kita mau modal nekat bertanya dengan membawa alat tulis dan pulpen. Sungguh, sangatlah tidak bersyukur menurut saya, jika hanya karena kemalasan kita, maka kita jadi sembarangan mengambil makanan demi memuaskan hasrat lapar kita. Karena sayang kan udah beli makanan pakai uang halal tapi yang masuk ke perut bukan hal yang berkah 😦

CARA INVESTIGASI TOKO ROTI DAN KUE

Apakah saya menyambangi Toko Roti dengan acak dan random? Sebenernya iya juga wkkw. Tapi seenggaknya ya bokk saya mencoba meng-googling, melakukan riset kecil-kecilan tentang toko roti di Tsukuba yang HITS nan popular. Betapa kaget nya saya, ternyata Kota Science City ini juga dijuluki sebagai パンの街 Kota Roti dikarenakan tidak susahnya kita untuk menemukan Toko Roti di Tsukuba ini.Begitu juga dengan Toko Kue yang jumlahnya cukup banyak.

Yang saya sambangi adalah Toko kue dan roti yang mempunya review bagus di Internet dan mempunyai nilai tinggi di Tabelog タベログ, selain itu, saya juga membaca produk mana yang hits dari toko tersebut.

Awalnya, biasanya, saya mulai dengan meng-email toko roti tersebut melalui FB (zaman saya masih punya FB) atau melalui kolom 問い合わせ yang ada di Website. Saya menanyakan apakah:

  1. 乳製品以外動物由来物を含まれていますか? Apakah selain dari dairy products, di roti ini juga tergantung bahan hewani lain? (Untuk mendeteksi apakah mereka menggunakan emulsifier hewani atau shortening hewani)
  2. ラードを使えますか? Apakah roti-roti di Toko ini menggunakan Lard?
  3. アルコールを含まれていますか? Apakah mengandung Alkohol?

(Sebelumnya mohon maaf, saya tipe pembelajar bahasa Jepang yang ga gitu bagus secara grammar, jadi kalau ada bahasa yang broken mohon maaf sekali. )

Setelah itu, saya dan keluarga mengadakan kunjungan ke toko roti tersebut untuk mengetahui bagaimana rasanya, dan roti mana saja yang bisa dimakan. Oke, langsung saja kita bahas beberapa toko roti yang pernah saya sambangi ya.

I. TOKO ROTI MORGEN

(Tabelog: https://tabelog.com/en/ibaraki/A0802/A080201/8000410/)

Lokasi: 茨城県 つくば市 千現 2-13-2

Libur: Hari Kamis. Hari Minggu dari Minggu ke 2, dan Hari Selasa dari Minggu terakhir.

Morgen berlokasi di dekat Doho Kouen,sehingga kurang asik memang untuk disambangi dengan bis. Jadi pilihan aman adalah dengan sepeda atau dengan mobil. Morgen ini adalah salah satu Toko Roti tertua dan hits yang ada di Tsukuba. Toko Roti Morgen berlokasi di samping Toko Kue Sieger yang hampir semua kue nya tidak bisa dikonsumsi, kecuali Kue Dark Chocolate (harap di konfirmasi ulang).

Morgen terkenal karena Roti Tawar nya, bahkan katanya sebelum jam 11 pagi sudah habis dan harus pesan sebelumnya kalau tidak ingin kehabisan. Beberapa kawan mengaku antrian untuk membeli roti disini lumayan. Tapi Alhamdulillah kami belum pernah ngantri padahal jam 11 dateng kesana, mungkin kami ga sadar kali ya dapetnya roti sisa. Morgen adalah satu dari sedikitt sekali Toko Roti yang buka di hari Selasa secara, karena mayoritas toko roti dan resto itu memilih libur di hari Selasa. Harap cek di link tabelog di atas kapan si Toko Morgen ini tutup ya.

ROTI DI MORGEN:

Morgen memang lebih banyak menjual roti manis. Sekalipun yang kita beli bukan jenis roti manis, tetap dasar daging roti nya manis hihi.

Toko roti bersejarah Tsukuba ini juga mempunyai beberapa produk paduan yang ga biasa. Contohnya adalah roti dengan paduan renkon semacam radish gitu, krim asin dan wijen hitam. Kalau di pikir rasanya bakal aneh pisan, ternyata enggak lho! Rasanya enak!

Morgen berusaha mencampurkan hasil pertanian khas kebanggaan Tsuchiura (salah satu daerah terkenal di ibaraki) yaitu renkon dan digabungkan dengan roti mereka yang lembut. Atas ide tersebut, saya acungi jempol buat toko roti ini!

Harga yang ditawarkan lumayan, di atas 100円 dengan volume cukup besar yang mengenyangkan. Croissant disini bisa dimakan, roti tawar dan baguette nya juga aman. Selain yang berbuah, berdaging dan ber-raisin insya Allah aman dimakan.

Untuk cinnamon rolls nya, walaupun tidak terlihat dari luar, sebenarnya di dalamnya terkandung raisin, jadi mohon hati-hati ya ketika memilih roti nya.

FAVORIT IBU KYOKO

Disini yang paling disuka adalah Almond White Chocolate Pastry yang rasanya pas manisnya dan taburan almond yang kaya di atas rotinya. Selain itu, sebagai penggemar keju, saya harus berikan apresiasi terbaik untuk Kuri-mu Chii-zu Pan yaitu roti krim keju yang berbentuk bundar, yang luar biasa enak krim keju nya.  Suami saya sebaliknya tidak terlalu suka dengan roti krim keju nya, karena volume krim nya terlalu banyak dibanding roti nya.

ROTI DARI TOKO MORGEN YANG PERNAH KAMI MAKAN BESERTA FOTONYA

Dari gambar di atas, saya suka Cream Cheese Bread dan Almon Cream Cheese Bread. Untuk Anko Bread alias Anpan yappari saya kurang suka anko kecuali di mochi hahaha, maafkan aku anpanman T,T

KESIMPULAN

Harga: $$$

Varian yang halal dimakan: $$$

Kenyamanan: $$ (Sayang ga menyediakan tempat duduk huhuhu tapi emang mayoritas toko roti ga sih ya)

Rasa: $$$

II. TOKO ROTI ENCUIT アンキュイ

http://encuit.jp

Lokasi: 茨城県つくば市稲荷前33-1

Libur: Tiap hari selasa

 Encuit adalah toko roti yang menurut saya punya rasa paling enak dan mewah! Mungkin terbawa si chef utama nya yang sebelumnya pernah jadi chef hotel. Harganya juga lumayan banget mahalnya, jadi kalau kesini ga bisa sering-sering karena dompet bisa bocor. Lokasinya juga jauh, dekat ke arah Mall AEON yang besar itu. Sehingga mungkin bisa lebih enak kalau naik mobil atau pakai sepeda ya huhuhu.

Encuit ini menggunakan lahan bekas oil and gas station alias SPBU jadi secara eksterior dia unik banget!

APA KEKUATAN ENCUIT

Encuit ini meskipun toko rotinya kecil, tapi dia menyajikan banyak sekali variasi. Dan banyak yang bisa dikonsumsi! Untuk yang tidak bisa dikonsumsi, sang chef utama memberikan guideline yang insya Allah lengkap

  1. ra-do atau minyak lemak babi digunakan pada セーグルノアレザン Ini semacam roti keras dengan gula hitam gitu. Ini adalah roti yang disajikan di hari sabtu, minggu dan pada hari-hari libur nasional. Dan kita diminta untuk menghindari tipe-tipe roti ラスク Rask karena ada Lard juga disitu
  2. カヌレ Alias roti yang bentuknya kayak tutup semprotan pewangi hihihi itu ga bisa dimakan karena mengandung alcohol. Almond Croissant dan roti ber-raisin juga tidak bisa dikonsumsi. Roti dengan Dry Cherry dan Orange juga tidak bisa dikonsumsi karena direncam dengan wine.

ENCUIT juga menyajikan sandwich non-daging yang enak banget, seger dengan porsi besar cocok dimakan untuk sarapan. Krim yang digunakan di banyak roti tidak bikin eneg meskipun jumlahnya berlimpah.

Yang paling terkenal dari Toko roti ini adalah Croissant nya, 大人気!Sangatt hitss dan saya paham kenapa. Karena selain GEDE gan, rasanya krenyes moist dan emang mewah nih rasanya. Semua pastry nya juga dibuat dengan hati-hati gitu, serasa makan di tempat mahal (ya emang rada mahal sih wkwk). Roti Croissant nya sering habis

Kalau Ada waktu, cobain croissant coklat juga, selain lapisannya lembut, coklatnya juga ga katro. ENAK!

BEBERAPA ROTI ENCUIT YANG PERNAH KAMI KUNYAH BESERTA GAMBARNYA

4

Salmon Kinako Cream. ENAK BANGET DIMAKAN SAAT PANAS! ini favorit Ayahnya Kyoko, yap harganya emang lumayan mahal, tapi emang setara dengan rasa yang ditawarkan. Krim mantap dengan rasa ga eneg. Btw, ga dianjurkan untuk makan ini saat udah dingin yah karena nanti jadi malesin rasanyah. Jadi kalau memang dia berkrim, lebih baik dimakan saat hangat atau diangetin dulu di Toaster :). Berikan Roti kesempatan untuk mengeluarkan potensi terbaiknya, jangan males diangetin WKKW.

5

Mini Salmon Bagel. Ini emang dingin sis rotinya, enak! salmon nya ga bau, bentuknya mini jadi abis makan ini rasanya sehat2 diet aja gitu. Ini roti kesukaan saya dari encuit ❤

6

Saya bukan fans cinnamon roll, tapi ini OK. Keliatan rada gosong yah? tapi enak kokk, rasanya krenyess si cinnamon roll nya <3.

 

7

これは最高!!Ini emang oke. saya akuin sampai sekarang belum ada croissant yang enak banget yang bisa ngalahin croissant encuit. Selain itu, dia buatnya juga ga pake diolesin lard. Sungguh saya apresiasi setinggi2nya. Seperti yang sudah saya bilang, mereka punya jenis chocolate croissant juga yang mana saya lebih suka dibanding croissant plain ini yang rasanya udah WOW WOW WOW WOW!

8

Saya lupa nama roti ini, kalau ga salah ada kata “Tsukuba” nya gitu, hmm apa semacam Mahkota Tsukuba? wkwk gak lah ya masa namain roti alay gitu. Ini enak, custard cream itu biasanya ada rasa grenjel2 susu dan rada2 ada pait2 dikit di ujung lidah, tapi INI HALUS MEN rasanya!!!

Untuk yang ga terlalu suka krim, saya ga anjurkan untuk coba, tapi untuk pencinta custard krim alias カスタードクリームini mah WAJIB!

KESIMPULAN

Harga: $$ (mihil)

Varian yang halal dimakan: $$$$

Kenyamanan: $$ (agak sempit tapi bagus kok tempatnya dan kepala Chef nya ramah banget banget mau balesin email kita yang ribet)

Rasa: $$$$.5

III. TOKO ROTI PETERPAN (ピータパン)

https://tabelog.com/en/ibaraki/A0802/A080201/8002332/

Lokasi: 3-9-20 Azuma Tsukuba Ibaraki

Libur:Buka Syelaluu~

Alkisah kami mendengar bahwa ada satu roti yang paling tua ada di tsukuba, mungkin udah lebih dari 19 tahun kali itu toko roti berdiri. Suasana toko roti pun tua-tua klasik, disini memang tempat warga Tsukuba bercengkrama pagi. Apalagi dengan kopi panas yang diseduh di tempat tidak pakai mesin, beuhh makin pengen berlama-lama.

Toko roti ini menjual roti gaya jerman, yang kalau saya baca sih roti nya keras nan bergandum tapi enak (maaf ya para pakar roti kalau saya salah jelasin, maklum belum pernah ngerasain langsung roti di jerman T,T). Mayoritas dari roti disini menggunakan cairan hasil fermentasi yang ternyata mengandung alkohol. Jadi memang pilihannya kurang banyak.

Rasa dari roti peterpan ini hmm sejujurnya kurang cocok sama lidah keluarga pak Haris. Kering dan keras. Hmm mirip roti2 di kantin SMA gitu kali yah, begini nih roti-rotinya:

10

  1. Roti Keju Asin : Biasa aja sih rasanya uhuhuhuu, maafkan sayaa Peterpannn
  2. Roti Almond Sugar: Terlalu kering huhuhu maafkan sayaa
  3. Meronpan: lumayan tapi ga terlalu spesial
  4. Roti keong coklat: Enak itu paling mending dari semuanya, tapi rasa coklat nya ga spesial, agak2 pait, kurang mewah rasanya
  5. Roti cinnamon roll: Ini juga enakk! kedua paling mending deh menurut sayahh

Selain di atas ini, roti-roti jenis lain seperti croissant dan roti tawar itu tidak bisa dimakan. Kalau mau amannya, makan 5 roti di atas ini aja yah huhuhu

Nuansa dalam toko nya seperti ini nih:

KESIMPULAN

Harga: $$$$ (Cendrung murah)

Varian yang halal dimakan: $$

Kenyamanan: $$$

Rasa: $$

IV. TOKO ROTI PAIN DE VRIE

https://tabelog.com/en/ibaraki/A0802/A080201/8002856/#anchor-rd-detail

Lokasi: 茨城県 つくば市 春日 2-36-5

Libur: Selang seling senin atau selasa

Ini adalah salah satu toko yang sering disambangi oleh Ibu Kyoko, dikarenakan lokasinya yang bisa disambangi dengan jalan Kaki. Dengan membawa stroller sekalian olahraga pagi, Ibu Kyoko menghabiskan 1 jam bolak balik. 30 menit satu kali jalan karena banyak perintilannya, diem dulu liat anak anjing, diem dulu si Kyoko mau ngeliat daun wkkwk. Yah begitulah perjalanan kami.. wkwkwk

Lokasi Pain De Vrie sampingnya Kasuga Kouminkan 春日公民館, dan mudah ditemukan karena warna bangunannya biru dan kuning sangat beda sama kanan kirinya. Lokasinya juga tidak jauh dengan Sekolah Dasar & SMP Kasuga. Mungkin karena owner nya mempunyai anak-anak usia sekolah, jadi roti yang disajikan adalah roti dengan rasa lembut, rasa anak kecil. Mungkin memang target market nya adalah balita, bayi, atau anak2 SD. Interior Toko nya cute pisan juga, bikin kita melek deh kalau masuk hihi.

Disini rotinya ga pake lard dan alkohol, asik banget kan? jadi variasi yang dimakan banyak. Yaa tentunya tetep menghindari yang berdaging yak! Kalau pas lagi ada acara di Kasuga Kouminkan, sempetin mampir deh, harganya moderate kok ga mahal2 banget.

interior

BEBERAPA ROTI YANG DIBELI

Sebagai Penggemar keju, yang jelas saya seenggaknya nyobain varian keju setiap beli. Roti lempeng keju mozarella atau cheddar enak, asin nya pas volume nya juga oke kok. Selain itu, beberapa temen membeli meronpan yang katanya rasanya enak, saya sendiri belum coba.

Yang beberapa kali saya beli adalah Creamcheese Bluberry Bagel, simpel karena volume nya besar haahha, enak banget euy pencampuran kedua hal tersebut ❤ (ini bahasanya apa sih).

20160819_104835

Satsumaimo Mushi Pan. Roti kukus ubi manis buat si Kyoko. Dia ga tahan sih makan 1 biji ini, paling cuman setengah hahaha, sehingga ibu nya akan makan sisa nya. Yah begitu deh diet ku gagal T,T (salah sendiri ngajak anak wisata ke toko roti). Rasanya enak, ada bau2 vanili kayaknya yah. Ini adalah kue pertama kali yang saya beliin buat Kyoko.

20160819_105005

Milk Bread ini adalah produk 人気 Hits dari Toko Roti Pain De Vrie, enak banget emang, krim susu nya bedaaaa! Enak pisan! Duh ini emang wajib dicoba. Pernah nyobain milk bread dari toko lain yang terkenal juga, tapi ini beda. Ga gitu berbentuk krim lebih cair, dan rasa susunya kenceng banget. buat saya sih enak banget yah hihi.

20160819_105136

 

KESIMPULAN

Harga: $$$ (Standar ajaa)

Varian yang halal dimakan: $$$.5 (Banyak, tapi tipe roti nya emang mirip2 satu sama lain)

Kenyamanan: $$$ (Interior lucu dan staff sekaligus kasir yang ramah)

Rasa: $$$.5 (Cukup standar)

V. TOKO ROTI COURONNE

http://www.couronne.co.jp/shop/tsukuba/

Lokasi: 〒305-0056 茨城県つくば市松野木字中山40

Libur: Hari Senin & Hari Selasa di Minggu ketiga

Akhirnya kita membahas toko roti favorit keluarga Pak Haris! Disini enak banget, karena selain roti nya enak, harganya lumayan, dan kita dikasih kopi gratis atau minuman dingin. Atmosfer nya enak! Staff nya ramah dan kepala toko nya juga ramah menjelaskan segala hal nya kepada kami sungguh terharuu. Disini kita bisa minta roti kita diangetin atau dipotong sesuai dengan keinginan kita. Sayangnya lokasinya rada jauh euy, jadi huhu ga bisa diakses via bus.

1

PERATURAN ROTI COURONNE

Roti yang tidak bisa dimakan adalah baguette, croissant, shokupan alias roti tawar, apapun yang berbuah dan ber-raisin. Selain itu insya Allah aman. Yah sekali lagi saya tambahkan kalau yang berdaging juga ga bisa dimakan juga yak berarti soalnya ga halal. Nah, roti yang kami suka beberapa kali beli, yang kami ga sempat foto karena selalu abis sebelum difoto wkwk adalah:

  1. Roti Mochi (Tapi sekarang udah ga dijual lagi huhuhu)
  2. Roti Yasai Taco (Enak banget sayurannya, dan si roti nya itu enak banget tipis krenyess)
  3. Chocore-to Mushi Pan (Kue kukus coklat, volume nya gede, enak kok cuman jangan berharap rasa coklatnya bakal menampar ya, rasanya ya kayak bolu indonesia ajah wkkw)
  4. Roti Tinta Cumi isi Mentaiko (bakal jijik pertama kali ngeliat tapi ASLI ini ENAK PARAH!! Awalnya kami ga suka dan geli trus mikir ini kenapa roti kok ada terus dan sering abis yah, bentuknya jelek gitu. Tapi ternyata rotinya enakk, asin2 asik gitu, Kyoko aja suka banget ampe suka berebut ama emaknya.
  5. Kinoko Cream Bread: Ini favorit sayaa, rasanya kayak Kinoko Guratan (mirip creamy saos pasta) yang panas dimasukan kedalama adonan roti, beuhhhhh rasanyaa. Dicocol sambel belibis makin mantap wkkw.

Selain itu, keluarga kami suka mengkonsumsi roti-roti berikut ini:

2

Ini Cream Cheese pastry, sebenernya di kantin tsukuba daigaku juga ada, tapi ini versi lebih mewahnya. Cream Cheese nya enak dan ga eneg, pastry nya kriukk.

3

Kalau lagi laper emang paling enak beli ini, Half Big Cheese Bread! Banyak banget kejunya, di setiap sisi ada ga pelitttt. Lebih enak lagi kalau kita mau makan di tempat kita minta sama pegawai toko buat diangetin dulu.

4

5

Choco Pastry dan Mont Blanc pastry yang oke banget dimakan sama kopi. Rasanya enak krenyess tapi harus saya akuin kalau pastry dan croissant itu emang spesialisasi Toko Roti Encuit. Namun, enaknya nih di Courounne kita bisa makan roti sambil minum kopi gratis! Nyesss enak!

Montblanc itu kayaknya sih kalau indera perasa saya ga salah2 amat intinya cuman gula di atas pastry aja, enak tapi ga spesial hehe.

6

Favorit Suami saya alias Ayahnya Kyoko. Ini roti asin dipadu dengan renyah nya Goma atau wijen. Cream cheese berpadu pas dengan tipis nya roti. Ayahnya Kyoko selalu aja kalau ke Toko Roti ini beliii roti wijen ini 😀

7

Egg tart ini kenapa tiba2 ada di koleksi roti saya pun ga paham. Pertama kali nyobain ga gitu favorit sih, Manis-manis creamy custard cream. Cuman akhirnya pas saya ke Hongkong dan nyobain egg tart yang digadang-gadang itu, saya ngerasa Egg tart Couronne ini jauh lebih mending dari yang egg-tart Hongkong itu, mungkin karena egg-tart hits asal hongkong itu telor nya kerasa bangett kayak makan telor rebus dikasih krim T,T.

Buat Para penghuni Tsukuba, kalau harus milih 1 dari list toko roti yang ada disini untuk dikunjungi, mungkin Couronne kali ya?

KESIMPULAN

Harga: $$$ (Standar ajaa)

Varian yang halal dimakan: $$$  (Lumayan banyak, tapi mengingat keseluruhan jumlah roti yang ada di Couronne sebenernya yang bisa dimakan ga sampe setengahnya))

Kenyamanan: $$$$ (Suasananya enak bangetss )

Rasa: $$$$ (Enak!)

V. TOKO ROTI DONQ & DELIFRANCE 

Lokasi: Tsukuba Center (Mall di dalam Senta)

Libur: Tidak ada libur. Tapi per Maret ini Seibu Tsukuba Senta akan tutup, sementara DonQ belum tau bagaimana nasib nya

20160816_142402

Roti DonQ dan Delifrance suasanya hampir sama sehingga orang suka ketuker. Cara bedainnya cuman 1, Delifrance ini lokasinya ber-cafe, sedangkan DonQ tidak menyediakan tempat duduk. Yang harus hati2 tetep sama yah, hindari daging, buah dan raisin.

Untuk DonQ roti tawar dan croissant nya aman dimakan. Roti keong coklatnya enak bangett mirip sama rasa German Bakery di Kanazawa yang menurut saya menjadi salah satu toko roti terbaik yang pernah saya rasakan hiksu. Roti potato campur keju campur krim yang ada di gambar pojok kanan bawah juga enak bangett, ga salah kalau jadi salah satu roti hits dari DonQ.

Petugas toko merekomendasikan corn bread sebagai roti yang cucok buat anak kecil, emang enak sih kenyel2 tapi ga susah dipotong, jadi dikunyah nya juga enak. ga hanya Kyoko, emaknya aja suka wkwk.

Untuk Delifrance sendiri saya kurang detil sebenernya karena harga roti nya mahal dan rasanya ga lebih enak dari encuit tapi 11-12 sama DonQ. Delifrance juga bisa dimakan roti tawarnya. Selain itu, pizza, croissant dan meronpan nya juga enak namun memang tidak istimewa.

KESIMPULAN UNTUK DONQ

Harga: $$$ (Standar ajaa)

Varian yang halal dimakan: $$$  (Lumayan banyak)

Kenyamanan: $$$ (Petugasnya ramah pisan mau ditanya banyak di tempat)

Rasa: $$$ (Enak tapi ga secara mayoritas bisa dibilang” enak banget”! )

 

 

Begitulah perjalanan Saya dan Kyoko dan Ayah Kyoko mencari roti di tsukuba, insya Allah perjalanan mencari roti ini masih akan berlanjut sampai Maret 2017 wkwk semoga kami tetap semangat yah mencari roti2 yang aman dan enak untuk dimakan!

Untuk pos khusus mengenai toko kue, akan saya bahas di post selanjutnya!

Pesan sebelum menutup pos ini: Ayo telusuri makanan aman halal di daerah masing2! Mumpung kita di Jepang, penjualnya sangattt menghormati konsumen! ❤

 

Salam,

 

Ditaaaa ❤

広告

コメントを残す

以下に詳細を記入するか、アイコンをクリックしてログインしてください。

WordPress.com ロゴ

WordPress.com アカウントを使ってコメントしています。 ログアウト / 変更 )

Twitter 画像

Twitter アカウントを使ってコメントしています。 ログアウト / 変更 )

Facebook の写真

Facebook アカウントを使ってコメントしています。 ログアウト / 変更 )

Google+ フォト

Google+ アカウントを使ってコメントしています。 ログアウト / 変更 )

%s と連携中