Kenapa Shofiyyah Kyoko

投稿者: superanindita

Assalamualaikum,

Kalau diliat dari pos terakhir di bawah ini, keknya udah lebih dari setahun gue ga membuka lembaran debu wordpress gue ini. Asli, bukannya gue ga ada waktu nulis, hanya saja entah kenapa ada aja hal lain yang ngebuat gue lupa bahwa tujuan gue depan laptop adalah ngebuka wordpress! (salahkan netizenbuzz,cookpad, facebook dan handai taulannya).

Untuk mereka yang rindu ama gue (iyah, gue tau ga ada). Gue pengen ngasih pengumuman (yang menurut gue penting, mungkin menurut lo enggak wkw) kalau gue udah melahirkan. Iyah, gue bisa melahirkan ternyata alhamdulillah, Allah SWT Maha Baik, Maha Penyayang.

Anak yang gue lahirkan gw dan suami gw namakan Shofiyyah Kyoko Putri Haris. Atau lebih tepatnya kalau lo liat di sertifikat lahir dari rumah sakit: ショフィッヤキョウコプテリはリス(恭子). Mungkin lo bertanya-tanya kenapa namanya panjang banget, ya ga usah lo men, gue juga bingung kenapa nama anak gue panjang.

Sebelumnya, gue mau minta maaf sama Dinas Pencatatan Sipil yang kesel pas ngetik nama anak gue nanti kalau anak gue mau buat akte di Indonesia. Gue denger kalau petugas pencatatan sipil agak bete dengan nama anak Indonesia yang akhir-akhir ini makin susah dilafalkan dan diketik. Mungkin kayak: Althair, Daniesh,Ejkdn, Dehdjaw (asal). Qolqolah nya terlalu banyak.

Tapi gimana dong, gue merasa harus mengakomodir berbagai macam keinginan dan kepentingan semua pihak! (Enggak juga sih). Oke, di pos pembuka sejak gue berubah status dari mahasiswa S2 ke Ibu-ibu mantan S2, gue akan menjelaskan arti nama anak gue secara singkat.

Kenapa singkat? karena gue ngantuk bok udah jam 12, sori abis ye.

Shofiyyah: Diambil dari bahasa arab, artinya sejuk, murni. Salah satu Istri nabi pun ada yang bernama Shofiyyah, tepatnya: Shofiyyah Binti Huyay. Dari banyak referensi disebutkan bahwa Shofiyyah ini adalah Istri Nabi dari kalangan yahudi. Sehingga banyak yang mencibir begron beliau. Namun beliau tidak menyerah dan ketika berislam, beliau berusaha keras untuk mengejar ketertinggalannya dalam beragama. Semoga putri gue pun menjadi orang yang pantang menyerah.

Selain itu, gue punya temen saat SMP dulu, namanya Shofiyyah Muslih Abdul Karim. Mungkin dia adalah salah satu anak tercantik yang pernah gue liat di planet bulat biru hijau bumi ini. Matanya teduh, bacaan qurannya bagus, hapalan quran-nya banyak. kalau ngeliat mata dia, kayak ada air mancur mengalir dari mata nya. adem. (Enggak, dia ga bisnis aqua, krik krik). Ingatan gue akan Shofiyyah ini begitu kuat, entah kenapa. Begitu kuatnya sampai ada urgensi buat gue untuk ngasih nama yang sama untuk anak gue.

Kyoko: Ini adalah bagian yang paling “licin”. maksudnya, terkadang orang memakai nama asing tanpa tahu apa arti dibalik nama tersebut. Misal ngasih nama John, Michael, Keanu, Reeves, Tom, Cruise. Tanpa tahu sebenernya apa makna asli nama tersebut. Ya terserah juga sih.

kebetulan gue pengen kasih unsur “Jepang” biar anak gue tetap ingat dimana dia dilahirkan, dimana dia menghabiskan masa-masa di kandungan, dan mungkin dimana dia akan menghabiskan masa emas pertumbuhannya.Selain itu, sebagai rasa terimakasih kepada Pemerintah jepang yang sudah hampir menggratiskan semua biaya pemeriksaan ke dokter dan membantu banyak biaya persalinan gue.

Dan terimakasih karena telah dengan konsisten nya menjual sayuran terbaik dari berbagai prefektur disini. saya bahagia dengan konsumi sayur dan buah saya selama hamil, taihen osewani natte orimasu.

“Kyoko” dengan kanji 恭子sendiri, artinya adalah anak yang bisa menghormati orang lain dan anak yang santun. 

Putri Haris: Prinsip gue dan suami gue adalah nama anak harus ada identitas bangsanya. Menurut gue ini penting kalau lagi kenalan di forum internasional, nama anak gue keliatan aneh sendiri karena udah ada arab, jepang, ada indonesia nya juga.Kalau aneh biasanya dipanggil moderator atau dijadiin contoh, bukan? wkkw. Terus kenapa nama Indonesia nya harus Putri Haris? ya karena emang putri pak Haris bukan Pak Parjo.

Si Shofiyyah Kyoko yang orang -orang suka dengan bebasnya mengambil Shofi, Shofiye, Chopiyah, Chopi (ini sih gue), dan Kyoko, alhamdulillah sudah memasuki masa-masa 7.5 bulan.

Masya Allah, bisa berkaca-kaca kayaknya kalau gue mengingat betapa atas izin Allah SWT, bayi mungil itu bisa tumbuh pesatnya dalam tahun pertama sejak dilahirkan. Dari ringkih dan ga bisa tegak, sampai bisa goyang goyang pantat mau berdiri :”)

Kalau yang belum pernah liat foto Shofiyyah Kyoko, ini gue update yak;

DSC01739

 

Gimana, cakepnya ga mirip gue kan?