Tiba tiba kepikiran

投稿者: superanindita

image

Ada satu hal yang nonjok dr Jepang adalah usaha mereka dalam melestarikan budaya tradisional sejak dini.
Gambar di atas adalah tarian tradisional jepang yang ditampilkan untuk menyambut kedatangan anak-anak Tokodai yg datang ke Kota Kakuda untuk merasakan hidup di daerah pedalaman.yah,yang dimana tidak terlalu pedalaman kalau dibandingkan dengan indonesia.
Tarian tradisional tersebut di iringi oleh dentuman asik gendang jepang yang disebut taiko.
Nah,anak yang menabuh gendang taiko ternyata itu sudah berlatih taiko sejak umur 3 sd sampai dengan sekarang tingkat 1 kuliah.
Gokil ga sih sob? *sok akrab
Ketika dulu saya melakukan pertukaran pelajar ke kanazawa pun,saya akrab melihat anak-anak belajar alat musik tradisional sejak kecil. Mungkin diajarin dari anak tersebut bisa jalan kali ye.
Terlepas dr tradisional atau modern,kabar burung jepang mengatakan (iyah ini kabar nya dr burung jepang bukan indonesia.krik) kalau misalnya anak yang lulus sd di Jepang itu ga mungkin ga bisa nguasain 1 alat musik.
Yah mirip2 lah ya sama anak Indonesia yang bisa main suling.

Saya jadi kepikiran deh nanti kalau punya anak ingin sedini mungkin didekatkan dengan alat musik dan tarian tradisional. Anak sholeh dan sholehah yang bisa bermain alat musik tradisional. Bakal cool ga sih?

Semoga niat saya ini dibarengi dengan fasilitas belajar yang menunjang,semoga memang kelas belajar gamelan,kelas belajar suling bambu memang ada.aamiin.