Limpahan LPDP 1: Saya Bersyukur & Tertekan Sebagai Anak Jakarta

投稿者: superanindita

Terimakasih LPDP, Anda telah mencambuk saya dengan keras. Terimakasih telah mengenalkan saya kepada teman-teman yang terlalu luar biasa. Bener banget emang hadist bahwa “Silaturahmi itu memperpanjang umur”.

Dari Abu Hurairah, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang senang diluaskan rizqinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi” (HR Bukhori dan Muslim)

Silaturahmi itu berarti Anda akan bertemu orang baru, cerita baru, pengalaman baru, empowerment baru.Empowerment itu membuat Anda untuk hidup lebih panjang, lebih berkualitas, lebih hidup untuk kepentingan umat.

Kemarin Allah SWT mentakdirkan saya untuk belajar melalui teman saya bernama Firman. Firman adalah mahasiswa berumur 25 tahun yang lama tinggal di Makassar tp asli berasal dari Kalimantan- yang akan berangkat ke Australia untuk menempuh studi di bagian air & perikanan.

Firman ini tinggal di pulau sebatik di perbatasan Indonesia-Malaysia. Tinggal lama di daerah itu membuat dia akrab dengan istilah “memperdagangkan kewarganegaraan”. Dia bilang “Sebetulnya saya bisa aja pindah jadi kewarganegaraan Malaysia, tapi saya tidak mau, saya tetap orang Indonesia”

Sampai disitu masih biasa ya?

Sebenernya yang tidak biasa adalah proses dia mencapai itu. Keluar dari SMA karena tidak tau harus mengambil jalan apa, dia mencoba berbagai pekerjaan. Dimulai dari turut serta dalam Illegal Logging sampai menjadi tukang bangunan. Gokil ye

Lalu akhirnya Allah SWT punya jalan indah buat Firman. Tiba-tiba  datang informasi datang dari temannya BAHWA sebenernya kesempatan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi terbuka untuk dia.Mengikuti saran temannya, akhirnya daftarlah dia ke Universitas 45 di Makassar. Jurusan yang dia ambil adalah perikanan. Kenapa sih dia ambil perikanan? Sederhananya karena temennya yang mendaftarkan untuk dia si jurusan itu, dia sih ga tau sama sekali.

Ketika dia bercerita sampai disitu, saya tercengang. Ternyata terisolasi informasi itu mungkin yah di jaman google chrome kayak gini.

Informasi mengenai universitas, informasi bahwa kuliah itu penting itu ajaibnya, ternyata, MEWAH. Saya ngiri dengan Firman, karena Firman ini bisa digolongkan istimewa. Firman ini akan menjadi tumpuan daerahnya ketika pulang, semacam berlian di tengah lumpur. Jelas lah, berapa coba orang di daerahnya, Pulau Sebatik, yang mampu mengeyam pendidikan ampe kuliah?

Gokil ga sih? Dia kalau pulau nanti dianggap semacem pahlawan hihi,

Sedangkan saya, saya biasa. Saya mahasiswa Jakarta normal yang dapat informasi banyak karena memang informasi itu disuapi, dan bisa diakses dimana saja kapan saja. Saya beruntung karena tinggal di Jakarta & bisa sekolah di Bandung dan akan melanjutkan sekolah di luar negeri karena saya dapat informasi mengenai LPDP melalui twitter, facebook, dan lain lain.

Karena saya terlalu normal sebagai seorang Jakarta, saya ingin menjadi istimewa seperti Firman, saya tertantang menjadi orang Jakarta yang tidak normal.  Dengan akses yang saya dapet selama ini rugi kalau saya tidak bercita-cita besar hehe.

Oleh karena itu di LPDP kali ini saya kembali merumuskan career path saya, bentukan karir apa yang paling tepat untuk orang berkompetensi seperti saya. Bukan berarti dari awal saya tidak punya mimpi. Mimpi saya banyak, karena banyak itu maka harus diatur :p

Kampus tujuan September ini: 東京工業大学~  待ってね!

Image

Image