後三週間。。。

投稿者: superanindita

もうそろそろ インドネシアにもどる。。

なんとなく、日本にまた帰りたい。

Tinggal 3 Minggu lagi sebelum gw harus meninggalkan kota damai (saking damainya sampe gw ngerasa ga ada kehidupan) Kanazawa ini. Tadinya gw ga sadar, sampai Teh Rhudaina bilang “So u just have 3 weeks left”. WADAW, gw sendiri ga ngitung T,T.

Gw ga akan bilang “perasaan kemaren baru tiba di Kansai”, karena emang gw sadar gw udah berada di Jepang cukup lama (untuk takaran gw) dan memang saatnya untuk kembali ke Indonesia dan mempraktekkan (setidaknya untuk diri sendiri) apa yang gw anggap baik dan sudah biasa gw lakukan di Jepang.

Lo tau apa yang paling gw kangenin begitu sampai di Indonesia? bukan hanya udon yang ada di perempatan morinosato atau JUSCO yang buka 24 jam, bukan itu.

Gw yakin gw bakal kangen rasa aman yang udah dibeli Jepang dari diri gw. Gw bakal kangen perasaan aman bertanya ke Pak Polisi karena bakal dibantu secepatnya dan ga akan diminta duit, gw kangen nyebrang di jalan raya yang kayaknya si mobil2 itu takut banget sama pejalan kaki. Gw bakal kangen dengan perasaan aman meninggalkan barang di depan komputer perpus untuk pergi ke toilet dalam waktu lama.

Tadinya gw berfikir bahwa ga akan mau balik ke Jepang lagi! gw berfikir begitu mengingat kekecewaan berat gw dengan mahasiswa sini yang ga aktif di kelas, yang bener2 jarang bertanya. Bukan, bukan berarti gw si Dita anak suka bertanya, mungkin kekecewaan ini muncul akibat doktrin dosen yang bilang kalau mahasiswa Jepang itu kritis dan ga puas sampai pertanyaan terjawab.

Yah, mungkin fenomena itu ada di Universitas lain kali ya, bukan di Universitas gw sekarang :). Yang jelas, apapun itu gw merasa bersyukur diberi Allah kesempatan 10 bulan hidup di tempat yang nyaris Utopia. Semoga kalau memang menurut Allah baik buat gw, gw akan kembali lagi kesini 🙂

Image

Foto Bersama Teh Santi, Teh Afwa, dan Teh Prita. Gw kangen teh heheh 🙂

*Teh prita dan Teh Santi udah cabs dari Kanazawa, Teh Afwa berjuang menjadi shakaijin di Tokyo 🙂