Ceritanya ikut Ikebana (I)

Assalamualaikum, Akhirnya gw nge blog lagi setelah beberapa minggu jari ini ga nyentuh wordpress.

Omong2 soal wordpress, kalian suka bunga ga? *plis gw tau ini kalimat ga nyambung satu sama lain, tapi gw ga ngerti gimana cara buat kata penghubung supaya ngomongin ikebana, hahahahhahahaha*

Entah kenapa selama di Jepang gw suka banget sama bunga, selain karena mungkin harganya yang terjangkau, bunga2 negara 4 musim itu lebih bagus daripada bunga negara tropis, mungkin gw nya aja sih yang inferiority complex.

Karena gw suka bunga,gw mau tau gimana sebenernya si bunga- bunga itu harus ditata, makanya gw pun iseng ikut course tambahan sebulan sekali di kampus yang berjudul IKEBANA, iyah itu IKEBANA bukan IKEA.

IKEBANA apa sih? silakan buka new tab dan cari di google, mungkin definisi yang kalian dapatkan ga jauh- jauh dari: Ikebana itu adalah seni merangkai bunga yang berasal dari Jepang.

Seperti yang Sensei gw jelaskan, ada beberapa aliran Ikebana, tapi yang pasti si ikebana itu terdiri dari 3 komponen utama bunga, dan sebenernya ga bener2 bunga aja sih, bisa aja komponen itu terdiri dari daun liar ataupun batang berwarna aneh, yang masing2 si bunga tersebut “dengan tujuan terlihat indah” punya kemiringan sudut yang menarik, yaitu: 75,50, dan 25 derajat.

IKEBANA punya beberapa variasi, dan apapun variasinya, prinsip si IKEBANA adalah, bunga itu harus menghadap kamu. Yang gw tangkep dari penjelasan sensei adalah, karena si bunga itu ngadep ke satu sisi doang, makanya si Ikebana ini cuman cakep diliat dari satu sisi tertentu aja. Kenapa gw mikir kayak gini? karena Ikebana belum pernah gw liat ditaro di atas meja di tengah2 ruangan, melaikan ada di atas meja yang belakangnya itu DINDING. aneh ya? ya menurut gw kalau ga aneh bukan Jepang.

Nah di pos kali ini akan gw ceritain apa aja yang gw lakukan selama pelajaran IKEBANA :D, siapa tau ada hal menarik yang bisa dipelajarin~

1. Gw diminta ngambil peralatan2 IKEBANA di box2 lucu. Peralatan IKEBANA itu apa aja sih? coba liat di bawah ini brur:

Image

Yang paling kiri itu adalah gunting yang dipake buat ngegunting *deskripnya nyebelin. Cara ngegunting nya beretika ternyata, kalau mau ngegunting harus di dalem si baskom berair, supaya si bunga nya masih bisa napas. (semoga istilah gw secara biologi masih bisa termaafkan), dan cara megangnya adalah dengan tangan kanan dan bagian atas dipegang sebagai tumpuan.

Yang berwarna kuning di tengah2 itu adalah bulatan yang berduri dipake buat nancepin bunga! jadi ternyata si bunga itu ditancepin pake tempat berduri lho! selama ini gw kira nancepinnya pake gabus…

Nah yang paling kanan, bisa lo liat sendiri itu adalah VAS. pertama kali gw liat, ya ampun itu vas nya segede apa pisan tapi bunga nya dikit T_T, tapi justru itu seni nya, gimana caranya membuat seakan2 si vas itu penuh dengan imajinasi kamu meskipun secara visual ga penuh *aya naon si dita bahasanyah

2. Kalau udah siap sama peralatannya, sekarang, siap dengan bunga nyah:

Image

Ini kumpulan bunga dan dedaunan yang dikasih satu set sama Sensei, bunga nya cantik warnanya pink, setiap bulan warna bunga beda, ini bunga set untuk bulan lalu, untuk bulan Mei ini yang dipake bunga hutan lucu2 deh 🙂

3. Kalau udah siap bunga dan peralatan, jangan lupa foto2 dulu.

Beneran, karena gw cuman exchange setahun kurang, gw pengen mengabadikan momen sebanyak mungkin, jangan lupa foto temen2 sekitar kamu:

Image

Ini adalah temen sekelas IKEBANA gw, namanya Irina (Kiri) dan Mai( Kanan), kita adalah pasukan pecinta bunga! Kyaa! Kyaa!!

4. Kalau sudah bosen dengan foto2, jangan lupa dengan kerjaan utama, yaitu: merangkai bunga, karena gw males motret pas masang bunga satu2, ini gw langsung kasih tau hasil jadinya aja:

Image

Ini adalah bunga hasil rangkaian gue, dibanding dengan temen2 lain gw bisa bilang gaya gw nyeleneh pisan karena ga bener2 miring2 seperti IKEBANA pada umumnya, tapi gw puas banget, karena gw merasa bisa menceritakan kisah2 aneh lewat rangkaian bunga ini. Jadi sebenernya kalau lo pengen tau, si rangkaian bunga ini bak kerajaan yang ada di lord of the ring. Jadi 3 ratu daun yang ada di paling belakang itu dijaga sama ular2 tinggi yang berkepala ungu, dan ga cukup dengan dijaga uler kepala ungu, pasukan kepala putih juga ikut menjaga keselamatan si ratu daun. Tapi ternyata usaha2 pasukan2 itu hampir ga berhasil karena ada satu puteri pink yang berhasil mencuat keluar dari cengkraman si ratu daun.

Gw tau ceritanya ga make sense, tp toh gw puas HAHAHA, tapi ini lebih mending daripada cerita IKEBANA gw bulan ini yaitu: Pembangkit Listrik tenaga Bambu.

5.FOTO bareng BUNGA lo, adalah hal wajib selanjutnya.

Image

Ayah, Mama, lihatlah, aku bisa pose tanpa harus mangap dan melotot.

6. Sehabis IKEBANA, jangan sia2kan bunga kamu.

Hal yang gw kaget banget setelah course IKEBANA ini adalah gw harus mencabut bunga2 itu dan ngembaliin vas nya T_T, artinya gw ga bisa ngebawa bunga hasil rangkaian ke rumah. HUAA, tapi ga apa, apa guna masa muda tanpa berfikir aneh. Jadi bunga itu gw bawa pulang dan gw rangkai kembali di kamar gue, kayak gini nih:

Image

Walaupun kamar berantakan yang penting bunga nya keren. Oiya, kebetulan bunganya masih banyak, jadinya ada beberapa gw taro di vas di deket dapur, ini dia:

Image

Waktu yang singkat itu ngebuat kita terkadang melakukan hal yang tadinya ga terfikir. Gw ga pernah nyangka bahwa gw akan ikut pelajaran merangkai bunga, ambil kursus suling bambu jepang, dan ikut klub gendang jepang (taiko), tapi toh hidup untuk mencoba sebanyak2nya, dan Allah memang memerintahkan kita untuk menuntut ilmu sebanyak2 nya.

Waw, tinggal 2 bulan lagi sebelum gw akan hengkang dari “dream land” ini hihi

Ceritanya ikut Ikebana (I)」への2件のフィードバック

    • itu dia pake sponge yang didalamnya udah ada aer gitu hihi. pin katak itu apah ya ampun aku baru denger hihi, btw salam kenal ya!

コメントを残す

