Tentang Guesthouse

投稿者: superanindita

Assalamualaikum! Halo Semuanya!!

Kali ini gw mau ngepos tentang pengalaman gw nginep selama traveling :). Salah satu tujuan gw ke Jepang adalah pergi ke tempat-tempat yang disebutin di lonely planet! hihihi. Ga harus tempat yang terkenal, sebenernya makin ga terkenal itu makin bagus.

Nah, kebetulan tempat2 yang udah gw kunjungi dan kebetulan mengharuskan nginep adalah: ketika perjalanan Kanazawa-Sekigahara-Kyoto, dan Kanazawa-Tokyo.

Menginap di dekat Tokyo (Nishikawaguchi) bukan pengalaman yang menarik bagi gw, beneran. karena tempatnya sempit, tapi toh menurut gw prioritas selama menginap di tokyo itu: MURAH. hihi

pengalaman terbaik gw tentunya ketika Kanazawa-Tokyo-Ibaraki. Ketika di Ibaraki gw ga menginap di guesthouse tapi di rumah tante yang baik hati, Tante Sari. itu adalah pengalaman menginap luar biasa! selain karena gw menginap gratis dan dikasih makan enak T,T (terimakasih tante) tapi gw belajar banyak tentang Jepang hihi.

Guesthouse teroke (sampai saat ini)adalah di Kyoto! eh itu ga pasti kyoto sih yah, tapi yang jelas deket Kyoto, yang oke dari Guesthouse ini sebenernya adalah namanya, yaitu: BOLA-BOLA, gilee nasionalis banget deh yang punya, seneng gue!

ini beberapa gambar yang gw ambil dengan gegap gempita: (liat bayar)

1) Entrance Hall. Disini sepatu kamu harus dibuka, dan ya! bagi kamu yang kaki nya rada-rada silakan beli spray kaki, di bodyshop ada kok, bahkan harganya jauh lebih murah lho di Jepang dibanding di Indonesia. Oiya, jenis guesthouse beda2, ada yang kayak rumah jepang Asli ada yang modern, ada yang kayak capsule. Buat gw tinggal di rumah tradisional Jepang itu ada sensasi tersendiri 🙂

2) ini adalah lobby nya, hihihi, yang jadi resepsionis nya adalah yang punya penginapannya. Seru deh, orangnya ramah dan tenang aja beliau bisa bahasa Inggris. Oiya, kalau kita nginep di penginapan tradisional seperti layaknya hotel ada batas masuk nya, kalau ga salah disini batas masuknya 10 malem, dan misalnya kita telat atau gimana silakan nelfon ngasih tau pemiliknya :). Karena ini penginapan kecil kamu ga akan melihat petugas berkeliaran.

3) Ini ruang tengah, disini kamu bisa make internet kok, tapi bayar. hihi dan sebenernya di setiap kamar ada fasilitas Wifi. ahh, lupa ngasih tau biaya nginep disini itu 2500/orang. Lanjut lagi yah, di ruang tengah ini kamu bisa ngeliat komen2 orang tentang tempat penginapan ini dan bisa baca banyak brosur yang tamu2 sebelumnya tinggalin. si pemilik penginapan sendiri ngasih tempelan banyak tentang gimana menjelajah kyoto dan ada apa aja, sure both in eigo to nihonggo 🙂

4) Dan mereka punya dapur! AAAA, walaupun gw ga make dapur ini tapi seneng aja ngeliat dapurnya bersih 🙂 disini mereka nyedian renji (microwave) dan coffee maker :).

5) Nah ini nih tantangan asik buat mereka yang berjilbab, karena disini itu yah begitu kamu masuk kamar mandi ga langsung ketemu bak dan gayung, kamu bakal nemu ruang buat gosok gigi yang ditutupin pake tirai dan di sampingnya baru ada bak. Enaknya di penginapan ini, ada tanda “Vacant” dan “Occupied” jadi kalo kamu lagi make kamu tinggal bolak si tanda “Occupied”. Kalau di tempat nginep di Tokyo waktu itu ga ada tanda vacant atau occupied jadi kalau gw mau make kerudung ga bisa ngaca dengan leluasa hihi.

Dan, disini kalau mau mandi di Ofuro (yang kayak bak gede itu) bayar lagi, tapi gw lupa berapa. Enaknya adalah di penginapan ini sabun dan shampoo disediain, eh itu mah standar yah kayaknya di semua tempat nginep juga gitu hihihi.

6) ini dia nih si ofuru yang bayar ituu hihi

7) Asik yah,kita bisa nyuci sendiri di penginapan. tapi harga ini dua kali harga gw nyuci di kaikan (dorm) gue. biasanya 100 yen, eh ini 200 yen hihi. dan perhatiin jam operasinya, secara ini mesin cuci BERISIK, jadi ati2 kalo nyalain ini pagi2 bisa ganggu orang 🙂

8) ini adalah tempat tidurnyah, dan tidak seperti tempat menginap pada umumnya begitu kamu cabut dari tempat menginap ini kamu harus mengembalikan si tempat tidur seperti semula, dengan urutan yang sama.

 

hihi, ya begitulah pengalaman gw menginap di Kyoto!! kalau ada penginapan yang lebih menonjok bagi gue, akan gw kirim2 pos  secepatnya 😀 😀

Saling mendoakan yah supaya gue bisa menjelajah Jepang 😀 😀 hihi