私は先生になりたい :)

Assalamualaikum! halo semuanya! ini dita 🙂 mengetik langsung dari komputer perpustakaan Kanazawa University, yap! 図書館に住んでいます。-_-

Gw udah pernah cerita belum sih kalo cerita gw itu pengen jadi dosen? yap! gw pengen banget jadi dosen, dan salah satu niat gw ke Jepang adalah mengajar bocah2 lucu dan ingin membuktikan apakah bocah di drama sama lucunya dengan bocah asli. dan ternyata! bocah asli lebih lucu :`)

Untuk menggapai impian gw itu, maka di jepang ini gw mengambil mata kuliah education in Japan yang oke banget! kenapa gw bilang oke? karena selain karena muridnya yang cuman dikit pisan ( ini bukan mata kuliah favorit anak KUSEP), dosen yang super gaul yang ga kayak tipikal orang jepang pada umumnya (punten yak), dan kuliah yang isinya kebanyakan jalan2 berkunjung ke sekolah yang ada di Jepang.

lewat Saiki Sensei (nama sensei yang mengajar education in Japan) inilah gw diajak untuk mengajar di SD, tepatnya di kelas exchange. Gw inget banget si Saiki Sensei bilang: `Saya ingin sekali Dita-san merasakan mengajar anak SD!`.

mendengar itu gw sangat senang! gimana ga seneng karena selain lo dapet pengalaman berharga, lo juga dibayar 3000 yen setiap kali lo datang. Sebetulnya Saiki Sensei ngasih gw jatah 4 minggu untuk mengajar, tapi gw memilih untuk 2 hari aja, kenapa sih gw milih 2 hari doang? karena kalo gw milih empat2nya gw bakal empat kali bolos kuliah. Sebetulnya gw bukannya tipe yang rajin banget masuk, cuman kalo gw jadi guru gw juga bakal kesel lah sama murid yang 4 kali ga masuk kuliah berturut. Dialog gw dan Saiki Sensei mengenai pilihan hari gw:

SS: `Dita-san, kamu mau datang lebih dari satu hari? `

Gw: `Kalo bisa empat2nya saya ambil semuanya, tapi saya ada kelas, jadi saya ambil 2`

SS: `hahaha, kalau saya jadi kamu saya juga akan ambil lebih dari satu, saya ingin mahasiswa asing merasakan pengalaman berharga ini.`

gw kira Saiki Sensei bakal nyuruh gw biar ga bolos -_-. memang dosen favorit gw ini out of the box dibanding orang Jepang pada umumnya. Hmm. sebenernya gue kurang suka menyebut ketidak hadiran gw di kelas karena mengajar dengan bolos sih, secara gw pun sebenernya ketika mengajar bahasa inggris sekaligus belajar ngomong bahasa Jepang sama anak kecil yang ternyata SANGAT MENANTANG. hahahha.

Yah, intinya gw pun mengambil 2 kali pertemuan. pertemuan pertama yang ikut adalah gw, Irina dan Chris. Gw merepresentasikan Asia, Chris Amerika dan irina (rusia) dari Eropa. dan saat gw mengajar gw pun memberikan informasi yang sangat dodol. インドネシア ではずっと厚い!26度!!-> Di Indonesia selalu panas, kira2 26 derajat.

mungkin kalau ada orang Indonesia disitu gw bakal dijitak. BRO, 26 derajat itu dingin kali. inilah akibatnya kalo dari kecil lo ga pernah belajar merasakan suhu udara -_-.AAAAAAAAAA, maafkan aku adik2 kecilll.

presentasi gw dibuat dengan software pretzi yang menurut gw sangat membantu ditambah lagi dengan video apik dari temen gw Embi dkk yang luar biasa memukau anak2 kecil. jadi video yang gw puter adalah video:

1)Trans Studio Bandung buatan Febian Nurrahman S.

2) Video tentang Bali dari Febian Nurrahman S. dkk

3) Video tentang Seaworld dari Temennya Embi

Ketika gw muterin video Transstudio, bocah-bocah atraktif itu bilang `AAAAA, ikitai!!` (AA, mau pergi kesana), `AAA mirip Disneyland!!!` huahahhaha. gw cuman ketawa ngakak pas bocah2 pada bilang gitu.

Terus pas gw puterin video Seaworld gw bilang aja kalo itu mirip DisneySea, ya udah lah ya, mirip2 dikit. hihi. Gw kira si anak2 ini dikit yang pernah ke Indonesia dan ga tau Jakarta, ternyata mereka pada tau lho, dengan muka2 merah bulat mereka antusias banget menjawab kalo mereka pernah MENDENGAR dan datang ke indonesia. hihihi, nah yang kaget itu Sensei nya mereka. bukan Sensei juga sih, tapi Assistant guru bahasa inggris native speaker, dia kira anak muridnya pada ga tau Indonesia dan cuman tau Bali, plis deh om -_-

Setelah kita2 Selesai presentasi, kita pun dibagi kedalam 3 grup dan latihan かいわ(percakapan) bersama bocah2 itu. Seneng banget deh, mereka tuh selucu ituuuuu, dan mereka bener2 berusaha buat ngomong bahasa Inggris, dan hebatnya sebagian besar mereka udah ga make aksen jepang ketika ngomong bahasa Inggris. misalnya kalo ngomong chocolate, mereka bener2 bilang: co-ko-let, bukan co-ko-retto. ihhh しばらしい!!

Chris, irina. dan gw!Bisa lo liat kalau anak bocah ini lucu2 sekali :`) *paling kanan itu wali kelasMereka emang belajar pose PEACE dari kecillBisa lo liat kalau anak bocah ini lucu2 sekali :`) *paling kanan itu wali kelas
Mereka emang belajar pose PEACE dari kecill
Bisa lo liat kalau anak bocah ini lucu2 sekali :`) *paling kanan itu wali kelas

itu catatan hari pertama gw, di hari kedua gw ngajar, lebih heboh lagi lho bocah2nya, kenapa? karena kalau di pertemuan pertama gw ketemu sama bocah 6 SD, di kelas kedua gw ketemu sama bocah kelas 2 SD yang SANGAT AGRESIF. Di bagian kedua ini ada 3 orang juga yang ngajar, gw, Irina, dan Nam. Nam ini orang korea yang bisa bahasa Jepang dan bahasa inggrisnya cukup baik, dan poin plus nya dia kayak bocah. jadi ketika melihat dia mengajar anak bocah juga kayak ngeliat sesama bocah lagi bermain, lucu sekali :).

Pas nam presentasi pertama2 dia bilang kalau HYUN BIN adalah dia -_- Masya Allah. Dan pas dia bertanya kepada bocah2? `Negara mana yang paling dekat dengan Jepang?` Dan bocah pertama menjawab: `AMERIKA!!!` terus ada yang bilang `CINA!` terus masih ada yang kekeuuhh bilang `CINA` ampe akhirnya setelah 5 kali salah ada yang bilang `KANKOKU!!` (korea). Emang ya Amerika itu top of mind pisan.

Oiya setelah presentasi seperti biasa kita diminta kaiwa dengan anak-anak kecil ini, dan entah kenapa si anak2 kelas 2 ini takut dengan guaaaaaaa, kayaknya mereka rada takut dengan penampakan gw, apa karena gw cantik jadi adik2 ini silau? ah.entahlah.

Tapi alhamdulillah lama kelamaan mereka ga takut sama gue bahkan mereka pengen latihan sama gue mungkin karena muka gw lucu dan unik. :`).  oiya, pas kaiwa ini teh gw kayak menanyakan ke mereka apa sih yang mereka suka, dan mereka menjawab apapun yang mereka suka. terus ada anak bocah lucu, pas gw tanya apa yang dia suka dia jawab:`I LIKE KARA`. yah dek. ternyata yang kayak gini ga kayak di negara gw doang, dari kecil udah nonton perempuan nyayi2 -_-.

Seneng deh anak kecil itu mau gw gendong 🙂
Tadinya anak2 kecil itu pada takut sama gue, tapi lama kelamaan enggak ,mereka nanya ke gue malah kalau pake jilbab dingin gak 🙂
 
Wah, gw ikut2an selalu pose pake peace juga euy T_T otomatissEmbi dkk! terimakasih banyak video nya! video kalian membuat anak2 ini melihat Indonesia lebih jauh, lebih dr sekedar bali! 🙂 ほんとうに ありがとう ございます!

 

 

hihi, yap yap, itulah pengalaman gw selama mengajar di SD Kanazawa, sebenernya gw pun juga mencoba mengajar di Community Center, mengajar ibu-ibu dan kakek yang ingin bercakap- cakap bahasa Inggris :), tapi itu di lain cerita 🙂

Dari cerita ini gw cuman pengen bilang, kalau misalnya lo punya mimpi pakai cara halal apapun untuk merealisasikan mimpi lo itu. Misalnya kalau lo mau jadi pemilik toko sayur, tapi sekarang yang lo bisa lakukan adalah membantu petani untuk milih2 sayur, ya lo lakukan aja, karena dengan lo terbiasa memilih2 sayur lo akan dapet ilmu yang akan membantu lo untuk jadi pemilik toko sayur, tanpa lo sadarin. pakai semua jalur deh 🙂

gw pun mencoba seperti itu, gw pengen 1 tahun gw di Jepang membuat gw jadi pribadi yang lebih berkualitas, gw ga mau pulang ke indonesia tanpa membawa pengetahuan apa2. 🙂

SEMANGAT!!!

Wassalam

Annisa Anindita Zein. Kent.Melbourne.Queensland.Keio.Todai.

