Gw kira negara gw doang yang kayak gini..

Assalamualaikum, apa kabar semuanyaa??

Gw udah lama ga ngepos dan pengen ngepos hal hal yang random, contohnya ini:

Di hari minggu yang sangat random, gw dan Irina (siapa dia? temen gw lah, masa musuh pake gw tulis) udah buat janji sama Okazawa Sensei untuk pergi ke “museum recycling” yang ada di Kanazawa, sebenernya nama yang Asli dari gedung itu bukan museum sih, melainkan PLAZA. gila yah, sampah aja di PLAZA-in, dan bangunannya malah jauh lebih bagus dari kaikan (dormitory) gw sekarang. hihi

Tapi yang gw bahas bukan tentang si recycling nya itu, tentang itu ada bagian nya nanti kapan2 (ini dia nih kapan2 akhirnya gw lupa). Di jalan menuju pulang setelah selesai melihat tempat recycling dan melihat gunung, kami pun dianter sensei naik mobil untuk balik ke kaikan.

Di perjalanan itu entah kenapa kita tiba2 ngomongin angka harapan hidup dan masalah uang pensiun. Berdasarkan hasil obrolan kami yang-semoga gw paham apa maksudnya secara bahasa obrolannya jepang campur inggris- pun gw mengetahui bahwa Angka harapan hidup di Jepang itu sekiar 80 tahun, dan perempuan punya angka harapan hidup 5 tahun lebih lama dari laki2.Dan setau gw penduduk Jepang itu memiliki angka harapan hidup paling tinggi di dunia.

Angka pensiun di Jepang itu adalah 75, tapi tahun ini akan dikurangin jadi 73 tahun.Lalu sensei pun bilang kalau Jepang sekarang mengalami masalah di piramida penduduk, karena jumlah penduduk yang tidak seimbang antara orang tua, anak kecil & anak muda. jadi sekarang ini negara Jepang benar- benar didominasi oleh orang tua, yang katanya sensei akan menjadi masalah besar di tahun- tahun mendatang kalau ga diatasi karena ga ada regenerasi.

Terus gw berfikir mungkin karena sekarang makin banyak wanita karir yang mungkin memutuskan untuk mengundurkan masa-masa “produktif” nya kali ya, jadi gap jumlah anak kecil dan orang tua itu jauh.

Tak berhenti disitu, sensei pun bilang kalau sekarang pemerintah sedang kesusahan untuk membayar dana pensiun. begitu statement ini keluar dari sensei, kami pun bersahut-sahutan bilang : Rusia juga, Indonesia juga.

Makin lama gw di Jepang, gw pun makin menyadari kalau Kesempurnaan memang hanya milik Allah. Dibalik luar biasanya jepang, tetap aja masih ada yang harus diperbaiki, itu baru namanya hidup dit.

ini sedikit foto- foto yang gw dapet selama di perjalanan:

Okazawa Sensei- Salah satu sensei favorit gw.
Okazawa Sensei adalah salah satu Sensei Favorit gw bersama- sama dengan Saiki Sensei dan Matsuda Sensei :), Sayang sekali tahun ini beliau pensiun 😥

Saiki Sensei dan Irina 🙂
Lobby dari Recycling Plaza
Pemandangan dari atas gunung yang ada di Kanazawa University 🙂
 

Widih!! akhirnya gw ngepos lagi!! senangnya! semoga konsisten!

Sampai ketemu di pos berikutnya!! 😀 😀

Gw kira negara gw doang yang kayak gini..」への1件のフィードバック

コメントを残す

