Dita akhirnya bakal keluar indonesia sendirian (Part1: Cari Pesawat dan Hotel)

投稿者: superanindita

Assalamualaikum! Apa kabar fans gw sekalian? *percaya diri makin maksimal*

Gile,kayaknya gw hiatus udah terlalu lama sampai2  gw lupa gimana cara yang asik memulai pos di blog.

Jadi gini lho temen2 —> jangan dicontoh ya, kalimat pembuka pos blog yang kurang baik.

Alhamdulillah, bersyukur banget dikasih kesempatan sama Allah untuk ngelamain status mahasiswa dengan cara yang berbeda, yaitu dengan cara menambah pengetahuan di luar Indonesia.

Dengan 4 kali penolakan atau bisa diitung 5 kali, akhirnya Alhamdulillah gw keterima di program KUSEP A (Kanazawa University Student Exchange Program) pengumumannnya ada di awal Juni kemaren.

Halaman Depan Website Kanazawa University yang termasuk keren untuk taraf universitas

Sedikit Keterangan Tentang KUSEP

Sebenernya yang bikin tambah seneng adalah biaya hidup gw di Kanazawa nanti bakal ditopang oleh JASSO (organisasi pemberi beasiswa) sebesar 80.000 yen/ bulan atau kalo lo ubah ke kurs rupiah kira 8-jutaan. (Ada ketentuan tertentu dari JASSO sebenernya, akan gw jelaskan di pos yang lain).

Begitu gw tau kalo gw dapet beasiswa JASSO dan beasiswa JASSO itu baru dateng di pertengahan bulan ke dua gw di Jepang (LAH, katanya mau dikasih tau di pos lain tentang hal ini, gimana sih lo dit ga konsisten–> abaikan), alhasil gw harus memutar otak (boong, otak gw ga berubah posisi) supaya biaya ortu gw di awal ga gitu besar, walaupun akhirnya bakal terganti oleh JASSO, insya Allah.

Karena gw orangnya impulsive , langsung lah gw memesan tiket pesawat tak lama setelah surat keterangan dari Kanazawa datang ke IRO ITB (International Relation Office ITB).

Bersama dengan geng ASIK2 gw yaitu: kodil si aneh, risa si cantik, ia si multitalenta dan anes si mbak dewasa akhirnya gw dibantu untuk mencari tiket pesawat termurah.

dan ternyata ada website yang membantu kita untuk cari flight murah, yaitu skyscanner.com :

Halaman Depan Sky Scanner

Nah, Dari Sky Scanner ini gw tau kalo ada beberapa pilihan murah untuk naik pesawat. sebenernya yang namanya pesawat ke Jepang menurut gw ga ada yang murah, tapi setidaknya Malaysia Airline dengan promo 2,1 juta (udah sama tax dll) ngebuat gw menggebu2 untuk segera booking.

Sebenernya Air Asia lebih murah, tapi berhubung gadis 21 tahun bernama Annisa Anindita Zein belum pernah ke luar negeri apalagi sendirian, temen kosan gw yang baik hati bernama Illona bilang kalau faktor “nyaman” itu lebih penting, akhirnya gw pun memilih flight macam2 Singapore Airline, Cathay, Etihad,JAL, ANA, Garuda,MA.

Etihad dicoret karena emang ga buka penerbangan ke Jepang dan karena biaya nya MAHAL BANGET buat GW.

Kalau kita naik CATHAY enak banget ye, transit di Hongkong, sampai tempat tanggal 3 Oktober di Kansai Airport, tapi harganya nyentuh 8 Juta. CORET.

Kalau kita naik SQ, enak banget bisa transit di Singapura, bisa sampai tanggal 3 Oktober di Kansai Airport, tapi harganya nyentuh 7 Juta.CORET.

Kalau naik Garuda Indonesia, waw! naik “produk Indonesia”, eh tapi harganya 11 Juta, dan sampainya tetep di tanggal 3 Oktober.CORET.

JAL dan ANA menurut gw situsnya kurang jelas -___-“, atau emang gw bukan frequent traveller yang terbiasa dengan situs penerbangan akhirnya gw CORET. dan lebih lanjut gw tau untuk tiket One Way nya MAHAL. CORET.

Akhirnya pilihan gw jatuh pada Malaysia Airline. Setelah gw yang gaptek ini mencoba untuk mengulik website Malaysia Airline akhirnya gw pun berhasil booking tiket sendiri ALLAHU AKBAR! dan berikut hasilnya:

Subhanallah, tiket one way 2,18 juta, Allah luar biasa banget mengijinkan mata gw yang pengen hemat untuk nemuin tiket murah ini!!

Cuman kalo lo sadar, ada yang gw rada miss disitu. Berdasarkan pengumuman Ms.Kaida nya KUSEP gw harus sampai disana tanggal 3, dan kalau gw sampai sebelum tanggal 3 gw ga bisa nempatin asrama. Yang artinya, gw HARUS MENCARI TEMPAT TINGGAL DARI TANGGAL 2 ke TANGGAL 3. Waw!

Terus mulai lah gw bertanya2 ke Peserta KUSEP tahun lalu Kakak baik bernama Kak Sabrina, tadinya gw mau nginep dulu disana, eh tapi di 3 oktober beliau udah pulang ke Indonesia.

Lalu gw bertanya ke anak ITB yang S2 di Kanazawa University, ternyata beliau tidak memungkinkan untuk menjemput gw di Airport.

Ah, baiklah, apa gunanya masa muda kalau tidak coba hal2 baru, akhirnya dengan segala ke-IMPULSIF-an gw, gw mulai mencari HOTEL.

total budget flight dan hotel harus lebih rendah dari 7 juta (total harga tiket SQ yang kedua termurah). Karena gw bener2 pendatang yang baru mengingat2 hapalan hiragana, katakana dan baru lancar ngomong: “Hajimemashite, dita desu, yoroshiku onegaishimasu”, gw pun memilih nama Hotel yang ga asing di telinga.

Akhirnya setelah gw browsing2 berjam- jam dengan mengerahkan seluruh talenta gw dibidang internet, gw nemuin nih website (keyword: Hotel Near Kansai Airport):

Dimulai dari 9000 YEN a.k.a 900.000 WAWWWW

Kalau di Indonesia, angka 900.000 menurut gw udah pengen buat kita ngecekek si resepsionis, cuman untuk ukuran Jepang apalagi di mata bocah “mau ke jepang kemaren sore” menurut gw harga ini lumayan.

Apalagi setelah gw bandingakan dengan hotel lain sejenis (sejenis maksudnya namanya cukup internasional sehingga gw asumsikan mbak2 nya berbahasa inggris)

Setelah gw liat2, raba dan rasakan ternyata harga room nya bisa sampai 10.000-an apalagi kalau pake breakfast (waktu itu gw cek sekitar sebulan lalu). Menurut gw ini masih okelah, tapi ternyata ada faktor yang membuat gw ga mau booking hotel ini:

Ternyata untuk nyampe ke hotel itu dibutuhkan perjalanan yang lumayan panjang dan menguras duit dan otak gw.

Kenapa? karena pertama gw ga bisa baca kanji. Gw orangnya panikan. Gw pasti kelabakan dengan koper segede gaban. Tapi yang jelas gw apresiasi banget sama hotel ANA yang ampe nyediain instruksi perjalanan via youtube.

Akhirnya setelah gw kubek2 (baca: mendalami website) TRIP ADVISOR, gw yang cantik ini (asal klaim) menemukan:

Halaman Depan Trip Advisor

Ternyatah!! Ternyatah!! Ada hotel yang langsung berhubungan sama si Airport T__________T, dan mereka ngasih instruksi yang luar biasa mudahnya buat gw:

Bagaimana Menuju Nikko Kansai

Email dari Nikko Kansai

Dengan grand total 11,160 menurut gw itu udah pas banget lah, udah ada breakfast dan gw ga harus panik naik transportasi macem2 🙂 Alhamdulillah.

Jadi kalau ditotal biaya keberangkatan gw ga sampai 4 juta, Alhamdulillah 🙂 Senang sekali 🙂

Lo pasti ada yang bertanya ngapain sih gini aja gw pos-in, hihi. Menurut gw ini penting banget, karena ini pengalaman pertama gw mesen apapun sendirian, dan gw seneng banget ngubek2 website tentang perjalanan wisata sejak dulu 🙂

Dan semoga pos gw ini dan selanjutnya tentang KUSEP dan Perjalanan Mencari Beasiswa bisa berguna untuk teman2 selanjutnya yang bakal pergi ke luar Indonesia tepatnya bakal ke Kanazawa 🙂

Okay, sekian dulu pos dari gw, semoga bermanfaat & nambah pengetahuan.

Saling mendoakan ya, sekarang gw sedang mati2an (ga gitu juga sih) belajar bahasa Jepang dari awal 😀

Semangat! Allah selalu menyediakan tempat bagi para pekerja keras!!!

Salam keren selalu dari

Dita 😀