10 Paradoxes

投稿者: superanindita

Wawawawa, di pos kali ini gw akan membahas tentang 10 paradoxes nya Mihaly,yang membahas 10 sifat berkebalikan yang dimiliki oleh orang kreatif! 🙂

Selamat menikmati 😀

 

1. Creative people have a great deal of physical energy, but they’re also often quiet and at rest.

Sepertinya kita semua sudah tahu bahwa orang yang kreatif memang biasanya mempunyai energi yang sangat meluap2, bahkan terkadang mereka bisa tidak istirahat ketika jiwa nya masih ON FIRE. tapi toh orang kreatif bukanlah manusia super yang tanpa titik jenuh, ada kalanya orang kreatif akan bersitirahat agar bisa bekerja lebih optimal.tetapi sebenernya raga mereka aja yang sitirahat, sambili beristirahat mereka sebenernya masih memikirkan banyak ide2 di kepala mereka.jadi intinya, MEREKA TIDAK BENAR2 BERISTIRAHAT.
2. Creative people tend to be smart yet naive at the same time.

NAIF itu apa ya? saya sendiri juga bingung mendefinisikan apa arti kata NAIF, menurut kamus online, naif bisa diartikan: sangat bersahaja; tidak banyak tingkah; lugu.Orang Kreatif adalah orang yang cerdas, memikirkan sesuatu dari berbagai sudut pandang dan memberikan kemasan yang berbeda dalam setiap penyampaian idenya. terkadang penyampaian ide yang cerdas itu berawal dari keluguan dia dalam menanggapi suatu hal. contohnya apa ya?misalnya ada ide kreatif untuk membuat doraemon agar semua orang di Indonesia menjadi bahagia. nah, itu idenya cerdas tapi naif.ya kali bisa semua orang di Indonesia bahagia kalo ada doraemon?
3. Creative people combine playfulness and discipline, or responsibility and irresponsibility
4. Creative people alternate between imagination and fantasy, and a rooted sense of reality
Kayaknya pembahasan nomor 3 dan 4 ini lebih asik kalau digabung. hehe. (bilang aja males nulis). Oke, sebelumnya perlu ditekankan sekali lagi,bahwa konteks orang kreatif disini bukan haya pekerja seni ya, inget itu.Orang kreatif seharusnya bisa mengkombinasikan juga menyelaraskan kapan dia harus serius dan kapan dia bisa bermain-main. terkait nomor 4, ada 2 paham mengenai kata responsibility and irresponsibility.
PAHAM 1:Menurut bokap gw yang asli padang (ga ada hubungannya) sori maksud gw menurut bokap gw yang berprofesi sebagai konsultas bangunan yang sering bekerjasama sama arsitek dan interior designer berpendapat orang kreatif terkadang sulit ditebak. ketika diberi proyek dia bisa bertanggung jawab, tetapi ketika suasana hatinya tidak baik, dia akan cenderung sulit dihubungi, sulit diraih, cenderung tidak bertanggung jawab.nah, terkadang karya yang luar biasa harus diseleraskan dengan tanggung jawab yang luar biasa pula.
PAHAM 2:Karya dari orang yang kreatif bisa saja keluar dari batas-batas norma masyarakat, batas tabu, yah yang bisa diartikan “tidak bertanggung jawab” dan cenderung menjadi kontroversi.
mengenai poin nomor 4, ketika membuat karya baik yang bertanggung jawab maupun yang tidak, yang jelas orang kreatif berusaha mengemas hal yang masih besifat fantasi dan imajinasi dan membuatnya menjadi nyata.contohnya adalah penemu sistem susu UHT.misalnya gw adalah pencinta susu pas jaman MAJAPAHIT, gw berfantasi untuk bisa minum susu yang tahan sampe lamaaa.nah, orang hebat seperti penemu sistem susu UHT bisa membuat fantasi jaman MAJAPAHIT gw menjadi kenyataan! waw! hidup susu!
5. Creative people trend to be both extroverted and introverted.

6. Creative people are humble and proud at the same time
gw rada bingung nih sama si Bapak Mihaly ini, kok kayaknya si orang kreatif ini labil banget ya? dia bisa ekstrovert tapi bisa introvert. bisa humble tapi bisa proud. tapi kalo gw pikir2, yang punya 2 sifat labil di atas itu semua manusia lho! artinya semua manusia itu kreatif, bener ga?
oke, kembali ke dua poin di atas. Orang kreatif adalah orang yang bisa menjadi ekstrovert dan intovert, ketika kalian mendengar kata ini, bukan berarti orang introvert adalah orang yang tertutup dan ekstrovert adalah orang yang terbuka. seperti yang dijelaskan oleh @itweetb, bahwa maksud dr EKSTROVERT adalah dia mampu mengambil energi dari luar lingkungan ke dalam dirinya, sementara orang INTROVERT adalah orang yang mengambil energi dari dalam dirinya. apa bedanya dengan internal locus of control dan external locus of control?wah penjelasan lebih panjangnya lebih asik kalau beda pos.
intinya orang kreatif mampu mengambil energi baik dari luar dirinya walopun dari dalam dirinya.
terkait poin no 6. Orang yang kreatif sejatinya adalah orang yang merendah.mengapa? mungkin saja karena dia selalu merasa karya nya belum cukup baik untuk dipuji, tapi bukan berarti dia kufur nikmat, dia pun menikmati karyanya disegani orang.
7. Creative people, to an extent, escape rigid gender role stereotyping
8. Creative people are both rebellious and conservative
nomor 7 sepertinya harus mendapat perhatian lebih. orang kreatif menurut saya tidak membedakan gender, dalam ARTI tidak mendiskreditkan antara perempuan dan laki- laki.yang dimaksud TIDAK mendiskreditkan perempuan bukan dengan menjadikan perempuan obyek seni atau mempersilakan wanita bekerja.menghilangkan gender role stereotyping menurut saya adalah bagaimana para orang kreatif ini menghormati wanita dengan tidak mengeksplor tubuhnya. Karena stereotype yang ada sekarang adalah wanita berhak melakukan apapun dengan dirinya,(ye lupa kali ye dia, badan ini kan amanah tuhan)maka hei, para orang kreatif mari berfikir di laur stereotype itu!
nomor 8, orang kreatif bisa menjadi pemberontak dan juga bisa menjadi orang yang konservatif. pemikiran “out of the box”, membawa mereka menjadi orang yang pemberontak, tetapi bukan berarti mereka tipe orang yang tidak mempertahankan nilai luhur,setiap orang tentu saja mempunyai nilai kebaikan yang memang dipegang sejak dulu.
9. Most creative people are very passionate about their work, yet they can be extremely objective about it as well
10. Creative people’s openness and sensitivity often exposes them to suffering and pain, yet also to a great deal of enjoyment.

yes!2 poin lagi! haha.orang kreatif adalah orang yang sangat luar biasa semangat ketika melakukan sesuatu yang sangat mereka sukai, tetapi ketika itu berhubungan dengan hal yang tidak mereka sukai, maka merka akan tidak bersemangat melakukan hal itu. ini mirip poin yang yang pernah dijelaskan oleh ayah saya.
poin ke 10. Orang kreatif adalah orang yang menggebu- gebu, bahkan terkadang semangat mereka bisa mengalahkan kondisi badannya, jadi dalam mengerjakan sesuatu proyek, mereka acap kali mengabaikan kesehatannya.
suffering and pain disini juga bisa diartikan secara lebih luas. contohnya ketika seniman membuat sesuatu yang tidak sesuai dengan norma maka bisa saja mereka bisa dikenakan pasal tertentu.

 

Waw, ini adalah tugas terakhir Creativity and Innovation 🙂

Pak Apiq! Terimakasih untuk ilmu nya selama ini.