OPEN INNOVATION = OPEN BUSINESS?

投稿者: superanindita

Beneran! Sejujurnya gw juga masih merasa baru sama kata2 ini, tapi terimakasih buat pak Apiq yang menjadikan istilah ini sebagai tugas, jadi cakrawala keilmuan gw bertambah.

Business itu tidak rigid,melainkan fleksibel (berubah sesuai tantangan lingkungan), apalagi memasuki era AFTA! wah, udah ga kebayang deh gimana kompetisinya. Oleh karena itu perusahaan melakukan berbagai macam cara agar business nya tidak stagnan dan mempunyaicompetitive advantage. Nah, berhubungan dengan hal itu di sekarang ini sering kita denger kata OPEN INNOVATION dan OPEN BUSINESS, yang katanya sebagai solusi dari perusahaan menghadapi kejamnya kompetisi. Karena derajat orang yang berilmu di mata Allah akan dinaikkan berlipat2,jadi ga ada salahnya kita mencari tau tentang 2 hal tadi.

OPEN INNOVATION = PARADIGMA BARU DALAM BERBISNIS!


perusahaan dengan paradigma open innovation ini menyadari bahwa ide dari dalam perusahaan itu gak cukup brur, terkadang inovasi dari dalem itu suka mandeg tergantung lingkungan kerjanya.oleh karena itu perusahaan ini membuka pihak di luar perusahaan untuk membuat inovasi yang ada hubungannya dengan tema produk si perusahaan.di pikiran gw, berarti perusahaan dengan konsep open innovation, punya banyak R&D! R&D di dalam perusahaan dan di luar perusahan. penemuan- penemuan R&D ini bisa membuka pasar baru tentunya!Nah kalo R&D dari luar berhasil membuat penemuan baru, itu intinya si perusahaan membeli paten dari outsourcing R&D division itu. bener ga?
biasanya orang bakal gampang belajar kalau sudah ada contohnya. oke, kita mulai masuk ke contoh kawan!

UNILEVER. perusahaan asal negeri yang katanya “menginjak” harga diri presiden SBY itu punya konsep ‘open innnovation’ yang secara eksplisit dituliskan di website nya.seperti di bawah ini:

BEKERJA BERSAMA KAMI!

yak, unilever mengajak kamu kamu kamu untuk berinovasi bersama unilever.jadi intinya R&D dari luar perusahaan harus mengajukan pengajuan proposal produk ke Unilever, baru setelah produknya jadi, akan ada perjanjian lebih lanjut dengan Unilever.pernah kepikiran ga sih, misalnya tiba2 si R&D dari luar itu ga setuju dengan syarat2 perjanjian,padahal ide produknya udah dipake sama Unilever, bisa aja kan si pihak itu mengklaim bahwa unilever mengambil ide produk dia?Nah, karena di open Innovation masalah seperti ini termasuk krusial, makanya di persyaratan itu tertulis:

“Mohon jangan mengirimkan informasi rahasia sebelum mengisi formulir Confidentiality Waiver. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi hak-hak kami atas penerimaan ide-ide dari luar dan untuk meminimalisir resiko yang dapat membahayakan program-program, proyek-pproyek dan konsep yang sedang dikembangkan di Unilever. Pengaturan ini sesuai dengan praktek dalam industri”

Jadi intinya, ketika ingin menjadi partner inovasi dari perusahaan tertentu, jangan lupa baca syarat dan ketentuannya.

OPEN BUSINESS= APA BEDANYA DENGAN OPEN INNOVATION?

Oke, open innovation itu adalah konsep perusahaan untuk (yah, bahasa kasarnya) Meng-outsource R& D dari luar perusahaan untuk inovasi dan peluang baru.
Sementara Open Business adalah melakukan bisnis dengan cara yang transparan dan mengkolaborasikan publik.

seperti yang gw baca dari kutipan bukunya Pak Chesrbrough (bapak open business model) disitu dikatakan bahwa:

“In Open Business Models, Chesbrough takes readers to the next step—explaining how to make money in an open innovation landscape. He provides a diagnostic instrument enabling you to assess your company’s current business model, and explains how to overcome common barriers to creating a more open model. He also offers compelling examples of companies that have developed such models—including Procter & Gamble, IBM, and Air Products”

Jadi cara open innovation termasuk dalam salah satu bentuk open business. karena yang satu adalah bagian dari yang lain, jadi tidak salah kalau keduanya mempunyai tujuan yang sama, BERINTEGRASI dan MEMAKSIMALKAN ide. contoh open business model adalah sebagai berikut:



Starbucks punya banyak cara untuk menjaring ide dari konsumen maupun masyarakat luar! melalu website ini, mereka dengan bebas berdiskusi tentang inovasi apa yang harus dibuat oleh starbucks. bahkan disana ada feature “pole” jadi untuk ide yang memang brilian, bisa saja diaplikasian oleh STRABUCKS!

Oke segitu dulu pembahasan mengenai open innovation dan open business model.

Sebenernya gw rada kesel sih, kenapa dari tadi ga ada contoh perusahaan Indonesia nya. gw udah mencoba cari di internet tapi kok ga ada ya. buat temen2 yang baca pos ini bisa minta tlong kasih tau? terimakasih yaa, gw penasaran abis broo!

Annisa Anindita Zein-UTS CI ini memang gaul

A business that makes nothing but money is a poor business-Henry Ford.