CINTA INDONESIA :)

投稿者: superanindita

Gw cinta abis sama Indonesia. Meskipun kata orang Indonesia adalah negara miskin mental tempe, tetapi menurut gw orang Indonesia itu kreatif banget memanfaatkan keterbatasannya. Terkadang dalam memanfaatkan keterbatasannya itu bisa sangat miris sih..

Di Indonesia, kalo 1 motor/ 1 bemo  aja cukup untuk ngangkut semuanya, kenapa mesti 2? Disini kita bisa lihat betapa orang Indonesia kreatif dalam memanfaatkan alat transportasi. 

Indonesia itu penuh dengan kreativitas dan hal- hal yang tidak terduga. Di bawah ini akan ada beberapa gambar yang akan memperlihatkan dan membuktikan kita semua kalau Indonesia itu adalah Negara yang unik dan kreatif. Ya, kreatifnya bisa dalam arti positif ataupun negative sih. oke selanjutnya mari kita simak, HANYA DI INDONESIA:

Oke, Negara mana selain di Indonesia yang polisinya dinas pake becak?

Gak hanya polisinya yang kreatif! Lampu lalu lintas juga gak mau ketinggalan.ckck.. entah ini mesin rusak karena memang kerusakan alami apa karena kurang perawatan. Kalo rusak karena kurang perawatan, itu bener- bener sangat Indonesia.

Menurut gw orang Indonesia (apa semua orang di dunia?) itu gampang diyakinkan akan sesuatu kalo orang yang meyakinkan itu punya gelar akademik banyak. Yah, terlepas dari gelar itu asli atau palsu. Notaris di atas dengan kreatifnya merangkai gelar akademiknya untuk menarik perhatian orang. Tapi emang ada ya gelar M.KN? L.L? hmmm.. 

Ini juga  nih yang bikin gw cinta sama Indonesia. Jago Plesetan abis! Semuanya dijadiin plesetan!!Tuh kan, Indonesia itu Negara yang kreatif ya? Bukan hanya foodcourt yang bisa bikin plesetan,mang- mang pinggir jalan juga bisa

Apalagi ya yang kocak dan unik dari Indonesia? hmm…Kalo kita suka perhatiin papan pengumuman di jalan- jalan kampung atau komplek perumahan, kita pasti bisa ngeliat kalau orang Indonesia itu kreatif abis dalam buat papan peringatan atau pengumuman, contohnya:

Lebih tepatnya sih orang Indonesia itu kreatif dalam membuat kata sumpah serapah. Gw juga ngerasa kok, kayaknya lebih gampang merangkai kata untuk ngata-ngatain orang daripada memuji orang. Itulah mengapa gw kagum sama orang barat, khusus nya Amerika Serikat. Mereka bisa merangkain kata sedemikian indah yang gak terfikirkan oleh kita. Palingan kita mentok di kalimat “tidak bisa diungkapkan dengan kata- kata”.grrrr

Orang Indonesia juga kreatif dalam menamai anak. Seriusan! Bokap gw aja setuju abis sama hal ini, menurut bokap gw yang padang asli, orang padang itu suka namain anaknya aneh2. Mulai dari Michael Jackson, Extris (mantan kepala sekolah SMA gw yang orang padang), pokoknya macem2. Salah satunya:

Bahkan pas di audisi Indonesian Idol, ada kontestan yang namanya KOMPUTER! Wah, berhubung nama adalah doa gw yakin tuh orangtua nya berharap dia bakal sejenius computer.

Kalau boleh berkomentar soal nama, menurut gw orang Indonesia kreatifnya kebablasan. Maksud gw, kebanyakan (tidak semua loh ya) menghilangkan ciri khas Indonesia di dalam pemberian nama anak. Terkadang namanya terlalu barat ataupun terlalu arab. Gw tau sih nama yang ada unsure arabnya indah, nama gw pun begitu (hihi), tapi gak semua konten nama anak harus dari bahasa arab kan? Yaa menurut gw alangkah Indahnya kalau kita memasukan unsure identitas Negara disitu. Hehehehe

Setelah melihat beberapa gambar menarik, fantastis, menggemaskan, memilukan, dan memalukan, gw harap sih kita bisa mencintai Negara ini lebih. Mungkin salah satunya dengan cara menggunakan bahasa Indonesia kali ya?

Gw sih setuju2 aja kalo kita mempelajari bahasa Negara lain.bagus malah! Tapi, untuk kata-kata yang sebetulnya bisa memakai istilah Indonesia, kenapa harus memakai bahasa inggris?ini evaluasi bagi diri gw sendiri, karena toh gw memakai nama blog “CHOCOLATE BOX” bukannya “KOTAK COKELAT”. Tapi yah, di bahasa sehari- hari gw berusaha memakai bahasa Indonesia. Mencampur adukkan bahasa yang menurut gw kurang wajar itu bisa dilihat di contoh ini nih:

Emangnya kalo kita ganti bahasanya jadi: “NIKMAT! Enak banget! Favorit gw abis!”, emang jadi tambah kampungan ya? Hmm, ini sih menurut pendapat gw ya, untuk hal yang memang ada bahasa Indonesia, ya pake bahasa Indonesia aja, kecuali emang lagi latihan bahasa Inggris.

Hihi, ya intinya, mari kita cintai Indonesia, cintai budaya nya, bahasanya, tapi tidak untuk korupsinya 🙂

Salam mantap,

Annisa Anindita Zein

19008129

Mahasiswi yang sedang memperbaiki bahasa indonesia-nya.