konflik palestina-israel…

投稿者: superanindita

Assalamualaikum

hmmm…

ada buletin tentang konflik palestina dan Israel dari GAMAIS, baca yuk..
KONFLIK YANG BERLARUT-LARUT


Tiga belas hari sudah Israel memborbardir infrastruktur dan mencabut nyawa warga sipil dan anaka-anak palestina yang tidak berdosa, namun kesepakatan di antara Israel dan Hamas tidak pernah terjadi. Kontroversi politik dan kepentingan ini harus dibayar dengan darah.
Setelah kesepakatan gencatan senjata 2 tahun lalu berakhir pada 19 Desember 2008 kemarin. Israel tidak tahan segera memberikan serangan kedua pada 27 Desember hingga hari ini. Dengan menyerang Hamas, Israel berusaha ‘membuktikan dirinya’ sebagai pasukan militer yang paling besar dan ditakuti di Timur Tengah. Kali ini penyerangan Israel lebih terencana dibandingkan 2 tahun lalu saat menyerang hisbullah. Israel telah menetapkan target-target pembunuhan dan tempat-tempat yang dianggap sebagai persembunyian orang-orang yang mereka targetkan.
Israel menganggap Hamas melanggar kesepakatan dengan tidak menghentikan serangan roket dan mortir. Sebaliknya, Hamas menuding Israel tidak mematuhi kesepakatan karena masih memblokir gaza dan menutup penyebarangan. Akibat pemblokiran itu, rakyat Gaza menderita karena kesulitan mendapatkan kebutuhan utama sehari-hari seperti makanan, dan bahan bakar, terutama solar yang penting bagi pembangkit tenaga listrik diesel di Gaza (KOMPAS, 4/1)
Hamas tidak berdiam diri melihat warga palestina menjadi korban keganasan Israel. Hamas melancarkan serangan balasan ke Israel dengan roket dan membuat panik kementrian Pertahanan Israel. Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak mengumumkan bahwa jika Hamas tidak berhenti menghentikan serangannya ke Israel, maka Israel akan semakin gencar menyerang Palestine hingga mencapai jantung kota Gaza. Hingga hari ini, Israel telah membuktikan kekejamannya. Pada 7 januari kemarin, Israel telah memasuki jantung kota Gaza.

3 Alasan mengapa kita harus mendukung palestina:
1. Kebangsaan, berdasarkan Pembukaan UUD 1945 “Karena penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan’
2. Ideologis, tanah suci Palestina harus diperjuangkan
3. Kemanusiaan. Korban agresi tidak hanya warga sipil tapi juga anak-anak dan balita
.

KRONOLOGIS AGRESI MILITER ISRAEL
27 Des Israel meluncurkan serangan udara ke Gaza. Sekitar 225 orang tewas.
28 Des Serangan udara Israel menghancurkan Sebuah gedung laboraturium di Universitas Islam dan 40 terowongan yang menjadi akses ke dunia luar.
29 Des Serangan udara Israel menggempur kementrian Dalam Negeri Hamas. Dibuat suatu ‘zona militer tertutup’ di sekitar jalur gaza.
30 Des Pesawat tempur Israel terus menekan
31 Des Militan Palestin menyerang hingga ke Bersheba. Sedangkan terowongan tersembunyi dari pusat kota Gaza menjadi target serangan udara Israel
1 Jan Pemimpin Senior Hamas, Nizar Rayyan terbunuh di Jabaliya
2 Jan PBB memperkirakan setidaknya ada 100 anak-anak palestina dari 422 korban tewas dalam serangan Israel hingga hari ketujuh (Jumat,2/1) di Jalur Gaza
7 Jan Pasukan Israel memasuki jantung kota Gaza secara total

Hingga 15 Januari, disinyalir korban tewas di Palestina berjumlah 1000 orang…

KEPENTINGAN POLITIK ISRAEL
Penyerangan Israel disinyalir memiliki kepentingan politis pejabat-pejabat parlemen Israel, karena pada tanggal 10 Februari nanti, Israel akan mengadakan pemilu.
The Chicago tribune menyebutkan, karena serangan ini, popularitas PM Olmert, Menteri Pertahanan Ehud Barak dan Menlu Tzipi Livni melejit. Pakar politik Universitas Hebrew menyatakan bahwa Olmert memiliki tujuan untuk memulihkan citranya yang tercoreng akibat skandal korupsi dan kegagalan di Perang Libanon saat menyerang Hisbullah 2 tahun lalu.
Sementara itu, Ehud Barak (Ketua Partai Buruh) dan Tzipi Livni (Ketua Partai Kadima) tidak mau dianggap lemah saat berhadapan dengan Partai Likud, karena popularitas Likud Menyamin Netanyahu (Ketua Prtai Likud) di mata Israel tidak perlu dipertanyakan lagi. Netanyahu dipastikan akan menang di dalam pemilu. Namun, jika operasi militer tak juga berhenti dan Hamas tidak mengehentikan serangan roketnya, maka dukungan rakyat Israel pada Olmert, Barak, dan Livni akan terdongkrak.
Apakah pentas dunia politik Israel harus dibayar dengan hancurnya Palestina dan nyawa warga sipil yang tidak bedosa?

3 Hal yang dapat kita lakukan pada tempat kita.
1.Berdoa, semoga konflik ini mengalami puncak mediasi yang adil untuk smeua pihak
2.Dengan perkataan. Tulis di blog, Friendster dan facebookmu. Soroti terus perlembangan konflik timur tengah. Jangan berfikir ini bukan masalah kita. Jika kita manusia dan mengethaui bagaimana sakitnya mengalami penjajahan, maka tidak tidak ada alasan untuk menutup mata kita.
3.Salurkan dana ke: Rekening 7600325099 BCA Cab. Jatinegara Barat, Jakarta a.n. Komnas Untuk Rakyat Palestina. Semoga mendapat balasan yang lebih.