“Kelas 3 SMA akhir”rolling…action!(volume1)

投稿者: superanindita

Assalamualaikum..
Dah lama ya gak ngisi?
Gak tau kenapa tangan ini males banget menari dengan keyboard..
Haha
Ayo kita mulai aja lah!!!!!
Hmm ..sekarang semester yang negangin banget buat anak kelas 3 sma, haha
Gw pernah ngerasain sekitar 10 bulan lalu..
Hati ini kayaknya jungkir balik mikirin berbagai tes …
Terutama hasilnya…


Gw adalah orang yang bingung nentuin sebetulnya jurusan apa yang gw mau
Kalo ngeliat George Clooney yang keren di ER gw berfikir ‘keren juga jadi dokter’
Kalo ngeliat bangunan yang bagus gw bakal mikir,’Gak ah, arsitek juga keren’
Kedokteran, Farmasi, Keguruan, itu jurusan yang direkomendasikan di kertas hasil tes IQ
Jadi gw harus milih yang mana????
Gw sebetulnya gak bingung juga sih..tapi gw suka semuanya..gw pengen semuanya..
Astaghfirullah…. serakah bangat.


Tes yang pertama gw ikutin itu USM ITB daerah.
Yang gw pilih jurusan SAPPK, SITH,FSRD
SAPPK karena gw pengen jadi arsitek
SITH karena gw cinta banget ma biologi (‘Dit, kamu bakal tahan apa lama2 di lab?’ itu yang ibu gw tanyain pas gw milih SITH)
FSRD karena gw menganggap jadi designer itu keren.haha
Mulailah gw belajar getol supaya nembus USM daerah
Sempet ditawarin ikut les gambar Bintang Merah sih..
Cuma saat itu gw berfikir ‘ Kalo menurut Allah gw punya bakat, insyaallah gw lolos, tapi kalo gak, ya udah..’ jadi gw memutuskan untuk gak ikut dulu les bintang merah.^^


USM DAERAH
Waktu itu gw ambil formulir dan ambil kartu ujian di SMAN 8,
Penuhhhhhhhhhhhhh banget
Gila competitor gw sebanyak itu
Banyak yang mukanya serius.. muka belajar bangat dah
Gw deg-deg an…
Arghhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh!!!!!!!!!!!!!
Gw sempet ngobrol dengan salah satu anak, gw lupa namanya siapa, tapi ada satu percakapan yang jelas banget di kepala gw ampe sekarang.
A: nanti USM ada tes IQ ya, IQ gw biasa banget lagi..
Ganteng: Tenang aja gw juga kok (bener2 jujur) emang lo berapa?
A: Kemaren pas di tes IQ gw turun.. Cuma 134
Ganteng: ^%$*%(^&*)*)&(&*)&^@!%#^&@


Apa semua yang mau masuk ITB jenisnya kayak gini semua ya?
Itulah pikirin negative yang menyelimuti gw pertama kali.


HARI H UJIAN (gw tulis yang gw inget aja yak)
Gw dah nyiapin semua pensil yang gw butuhin buat tes gambar!!!!
Dah sarapan pagi dengan kenyang!!!! Biar psikotesnya lancar!!!!
Tapi….Psikotes nya bikin gw mau muntah.
Serius.
Lo dipaksa berkonsentrasi selama 5 jam.
Dan yang paling parah tes pauli
Itu lebih parah daripada tes kraeplin
Tes kraeplin lu harus ngitung kertas berisi deretan angka yang kertasnya segede majalah SWA
Tapi..kalo tes pauli itu kertasnya segede KORAN ….astaghfirullah
Tes Pauli itu untuk melihat ketahanan kita terhadap stress (itu kata kakak gw yang kuliah di psikologi)
Pas lo lagi stress ngitung tiba-tiba pengawasnya dengan beringas tereak GARIS!!!!!!!!
Bikin gw kaget………
Apalagi gw jiper bangat
Kanan kiri gw kayaknya cepet banget ngitungnya
Salah juga sih gw, gara2 ngeliat orang lain jadi gw gak konsentrasi.
Selain tes pauli kita juga disuruh ngerjain tes wartegg , yang ada 8 kotak berisi titik ato symbol apapun terus kita suruh nyambung2in.
Juga disuruh buat karangan yang lumayan panjang minimal setengah halaman, tentang orang/tokoh yang kita gambar sebelumnya, karangan itu berisi tentang biodata si orang/tokoh itu.
Dibalik kertas yang berisi karangan kita diminta untuk ngegambar pohon berkayu, gak boleh ga,bar pohon cemara, ato bamboo..inget banget tuh, gw bikin pohon rambutan dengan ajaibnya, trus di belakang pohon itu gw kasih pager trus ada siluet anak bapak.(sok keren)trus pohonnya suruh diberi nama, akhirnya pohonnya gw namain pohon rambutan persahabatan (apa coba…)
Abis ngerjain tes psikotes, leher gw sakit, kebanyakan nunduk..
Setelah makan siang yang dikasih sama ITB-nya (KFC) akhirnya gw memasuki tes yang membuat gw tertawa sampai saat ini… TES MENGGAMBAR…
Jadi kita dikasih kertas gede banget buat ngegambar. Pertama, gw suruh ngegambar apa yang diilustrasikan di kertas soal. Isinya gini kalo gak salah :” Aku adalah anak yang sehat dan kuat, aku tinggal di daerah yang disitu ada sungai mengalir, banyak orang yang memancing disana, aku dan teman2ku berenang di sungai saat libur, dekat sana juga ada air terjun’
Astaghfirullah…gw kan gak bisa gambar orang..
Akhirnya gw gambar sejadinya dah..deket gambar perkampungan gw tulis ‘Dilarang berenang selain hari libur’ jadi, asumsikan hari itu bukan hari libur, jadi gw gak usah gambar orang berenang..(ampun..)
Trus gw juga bikin palang’500 meter ke atas air terjun’ jadi kan gw gak usah bikin air terjunnya..
Tapi ternyata…
Setelah selesai tes…temen gw bilang kalo KITA GAK BOLEH NULIS TEKS APAPUN DISITU…
Astaghfirullah..
Ada juga tes gambar yang meminta kita untuk menghubung2kan garis,
Jadi kita dikasih buku gitu, di buku itu ada sekitar lebih dari 8 frame kosong yang diluarnya itu ada semacam garis yang harus kita gabungkan, setelah digambar kita juga harus bikin cerita tentang gambar kita itu.
Mengarang aneh adalah salah satu dari keahlian gw. Seinget gw, gw sempet gambar amoeba, mobil CRV gak jelas, jejak kaki monster, dan hal konyol lainnya.
Haha.bener2 gak penting untuk dipublikasikan.
Oiya, sepanjang tes kita gak boleh nanya apapun ke pengawasnya, meskipun perintah soalnya sungguh ambigu…


HARI 2
Tes bakat skolastik.
Ada beberapa bagian yang membuat dia lebih parah daripada psikotes.
Karena ada bagian yang perlu lo jawab dengan logika yang berkelanjutan (apa lagi maksudnya..)
Gw gak suka nih, model yang kayak gini:
A suka nonton sinetron dan kuiz S
B suka nonton berita dan kuis z tetapi tidak suka sinetron
C suka bla bla bla
Jadi, tontonan apa yang bisa mereka nonton bersama2?
Ampun deh. Selain itu kita disuruh nyari persamaan kata, banyak hal yang berhubungan dengan kata dah(gw suka nih, bagian yang ini..hehe^^)
Abis tes bakat skolastik ada tes yang tak kalah ‘menariknya’ yaitu Matematika Dasar
Soalnya: gak bisa pake rumus cepet.bener2 payah gw di tes ini.parah!!! soalnya logika banget..(nah itu tuh yang gw kurang..)
Matdas berlalu dengan parahnya, berganti tes bahasa inggris..
Lumayan, Alhamdulillah, gak ada system minus lagi.
Tes terakhir setelah tes bahasa inggris adalah
MIPA TERPADU== terasoy dari yang terasoy
Soalnya Cuma 2 tapi pilihan ampe J.
Soal biologinya cuy…. Nangis….

Soal Wacana MIPA nya beda sama SPMB..
Tes yang ini gak lancar…
Dag dig dug nunggu hasil ujian
Berharap2 cemas…
Akhirnya hari pengumuman itu tiba…
Gw ngebuka pengumuman di warnet Graha Cijantung bareng Yulia n Yunita
Gw buka itb.ac.id


Buka PENGUMUMAN USM DAERAH


Tulis ID disitu…


Trus keluar kata2:


ANDA TIDAK DITERIMA SEBAGAI MAHASISWA ITB
Jreng!!!!
Rasanya? Kayak mimpi.
Haha. Masih ngerasa biasa2 aja. Gak terlalu keliatan sedih.Tapi sampe rumah….
Gw nangis kejer…gw mikirin biaya yang terbuang buat USM daerah…
Karena nangis kejer mata gw jadi sembap banget. Gw gak masuk sekolah besoknya.
Temen2 gw banyak yang SMS, dit, lo lolos gak?masa si itu lolos!


Gak lolos USM daerah ngebuat gw tertampar luar biasa.
Tapi gw yakin rencana Allah pasti indah buat gw.
Gw berusaha lebih gahar setelah gak lolos USm daerah.


Sebetulnya sebelum pengumuman USM daerah, gw juga tes UM UGM.
Soal UM UGM itu luar biasa susah.kalo dipikir2 mana ada tes masuk yang gampang?
Tapi bener deh ini susah banget…tapi …gw ngerjainnya lebih santai daripada USM daerah sih… Mau tau gak, gw milih apa buat UM UGM? Gw milih Kedokteran, Kedokteran gigi, Arsitektur.
Emang Kurang manusiawi pilihan gw
Hasil UGM bisa diakses lewat SMs…hasilnya..

penasaran?? liat volume selanjutnya..

gak penasaran? udah deh lo penasaran aja…bilang gitu aja gengsi banget -_-